5 Makanan Yang Dapat Mencegah Kerontokan Rambut


 

cara mencegah rambut rontok

5 Makanan Terbaik untuk Mencegah Kerontokan Rambut, Ternyata Mudah Didapat

Semua orang menginginkan rambut yang panjang dan kuat, terutama seiring bertambahnya usia. Kebanyakan orang mengalami kerontokan rambut yang berlebihan. Ini mungkin berasal dari penyebaran hal-hal seperti gen, polusi, stres, atau kekurangan nutrisi yang tepat.

Meskipun kamu tidak mengontrol faktor-faktor seperti genetika dan penuaan, kamu pasti bisa makan lebih baik dan memberi nutrisi pada rambut agar tumbuh lebih cepat dan lebih kuat yang akan mengurangi rambut rontok.

{tocify} $title={Table of Contents}

Berikut ini beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah rambut rontok, sebagaimana dilansir Udotekno dari TheSecondAngle.

1. Telur

Telur adalah sumber protein dan biotin yang sangat baik, dua nutrisi yang mendorong pertumbuhan rambut. Asupan protein yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan rambut karena folikel rambut sebagian besar terdiri dari protein.

Telah terbukti bahwa kekurangan protein dalam makanan menyebabkan rambut rontok. Biotin penting untuk mensintesis protein rambut yang disebut keratin, itulah sebabnya suplemen biotin sering dipasarkan untuk pertumbuhan rambut.

Baca Juga:

Mengenal Dan Mengelola Kolesterol dengan Bijak: Panduan Lengkap untuk Kesehatan Jantung yang Optimal"

Penelitian juga menunjukkan bahwa memasukkan lebih banyak biotin ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang yang kekurangan biotin.

2. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau sehat yang dikemas dengan nutrisi bermanfaat seperti asam folat, zat besi, dan vitamin A dan C, yang semuanya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Vitamin A menghasilkan sebum, yang menjaga kulit kepala tetap lembab dan sehat. Bayam juga merupakan sumber zat besi nabati yang sangat baik, yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh secara efisien. Ini akan memicu metabolisme kamu dan membantu pertumbuhan dan perbaikan.

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, herring, dan mackerel mengandung asam karboksilat Omega-3 yang terkait dengan pertumbuhan rambut.

Ikan berlemak juga merupakan sumber protein, selenium, vitamin D3 dan vitamin B yang sangat baik, yang merupakan nutrisi yang membantu mempromosikan rambut yang kuat dan sehat.

Sebuah penelitian pada 120 wanita menemukan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 sebagai antioksidan mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan kepadatan rambut.

4. Buah Beri

Buah beri penuh dengan senyawa bermanfaat dan vitamin seperti Vitamin C yang memiliki sifat antioksidan kuat. Antioksidan dapat membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

Baca juga:

5 Vitamin Penting Untuk Kulit

Molekul-molekul ini ditemukan secara alami di dalam tubuh atau seringkali merupakan produk sampingan dari berbagai reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh.

Tubuh juga menggunakan vitamin C untuk menyediakan kolagen, protein yang membantu memperkuat rambut untuk mencegahnya pecah dan patah.

5. Kacang dan Lentil

Lentil dan kacang-kacangan kaya akan protein, zat besi, seng dan biotin, semua nutrisi penting untuk rambut kamu. Selain itu, lentil kaya akan vitamin B yang penting untuk memulihkan kesehatan sel darah merah yang memasok oksigen yang sangat dibutuhkan kulit dan kulit kepala, sehingga membuat rambut kamu lebih kuat dan menghentikan kerusakan.

Kurangnya nutrisi yang tepat termasuk vitamin A, C, D, E, seng, vitamin B, zat besi, biotin, protein dan asam lemak esensial dapat menghambat pertumbuhan rambut atau mungkin menyebabkan kerontokan rambut.

Jika kamu merasa kekurangan salah satu nutrisi ini, coba tambahkan sejumlah makanan yang tercantum di atas ke dalam diet kamu
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Facebook Like