Cara Merawat dan Memilih Makanan Kucing Persia

 cara merawata kucing


Kucing Persia merupakan salah satu ras kucing yang paling populer. Matanya yang besar dan bulunya yang tebal menarik perhatian pecinta kucing yang ingin mengadopsinya. Namun perlu diingat bahwa perawatan kucing persia mungkin berbeda dengan ras kucing lainnya bahkan makanan kucing persia juga biasanya disediakan khusus.

 

Baca Juga:

Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan


Cara Merawat Kucing Persia

 1. Rutin menyisir bulunya

Salah satu hal yang membedakan kucing persia dengan kucing lainnya adalah bulunya yang panjang. Maka dari itu, menyisir bulunya secara rutin merupakan bagian penting dalam perawatan kucing persia muda maupun dewasa.

Jika tidak disikat secara teratur, bulu halus bisa menjadi kusut. Coba gunakan sisir dengan sikat lebar untuk menghaluskan bulu. Perlu diketahui bahwa bagian tertentu dari bulu kucing Persia cenderung kusut, termasuk di belakang telinga, area perut, dan di bawah masing-masing kaki.

2. Membersihkan matanya

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah rutin membersihkan matanya. Sebagian besar anak kucing Persia dan induknya memiliki mata berair. Jika tidak dibersihkan, air dapat menodai dan mengumpul di sekitar mata kucing. Terkadang kondisi ini juga bisa menjangkiti mata kucing persia. Oleh karena itu, usahakan untuk membersihkan mata secara lembut 2x sehari dengan larutan pencuci mata khusus atau air hangat.

3. Membersihkan telinganya

Kucing persia memiliki telinga yang lebih kecil dan halus dibandingkan ras kucing lainnya. Akibatnya, kucing menggemaskan ini lebih rentan terhadap infeksi telinga. Cobalah untuk memeriksa telinga kucing Persia Anda secara teratur apakah ada kotoran atau minyak di dalamnya. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan kapas yang dibasahi pembersih telinga. Namun, jika kotorannya berlebihan atau berbau tidak sedap, sebaiknya bawa kucing Persia Anda ke dokter.

4. Memilih makanan yang tepat

Kucing persia lebih suka makanan basah atau kering. Makanan kering bisa lebih mudah disimpan dan lebih murah daripada makanan basah kalengan. Sedangkan makanan kucing basah juga bisa cepat basi jika tidak cepat dikonsumsi. Penting bagi Anda untuk memahami bahwa kucing Persia menyukai makanan berprotein tinggi.

Mereka adalah karnivora yang harus memakan makanan lain yang berasal dari hewan agar tetap sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Faktanya, kucing Persia membutuhkan protein 3 kali lebih banyak daripada omnivora agar tetap sehat.

Selain itu, minuman yang bisa dipilih kucing persia adalah air yang disaring untuk memenuhi kebutuhan air bagi tubuh. Jika kucing Persia tidak mendapatkan cukup air, mereka dapat mengalami dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya. Usahakan untuk menyediakan beberapa bak minum berisi air bersih di dalam kandang untuk menjaga kebutuhan cairan.

Dengan bulu yang panjang dan tebal, tidak jarang kucing Persia Anda mengalami rontok bulu. Makanan kucing persia PRO PLAN Pro Plan Cat Fussy & Beauty mengandung asam lemak omega 3 dan 6 serta kandungan protein tinggi untuk membantu menjaga bulu tetap lembut dan indah serta mengontrol pembentukan hairball.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Facebook Like