Ini lho Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula

Ciri bayi tidak cocok susu formula


Ciri Anak Tidak Cocok Susu Formula Yang Wajib Diketahui

Bayi yang tidak cocok dengan susu formula tertentu, akan memberi tahu secara tersirat kepada anda sebagai orangtuanya. Bagaimana cara mengetahui bayi anda tidak cocok susu formula?

Untuk menunjang pertumbuhan tulang maupun gigi pada masa anak-anak hingga remaja, maka mereka membutuhkan kalsium. Kalsium susu. Dimana pada saat usia 0-12 bulan, nutrisi kalsium dapat diperoleh dari ASI. Tetapi setelah usia 1 tahun, banyak para orang tua yang memberikan susu formula sebagai sumber kalsium yang terbaik.

Tapi bagaimana dengan bayi yang baru lahir, dan sang ibu tidak dapat memberikan ASI ekslusifnya karena beberapa faktor, akan tetapi ketika di berikan susu formula bayi tersebut justru mengalami gangguan kesehatan?

Ini artinya, bayi anda tidak cocok dengan susu formula. apa saja ciri-ciri bayi tidak cocok dengan susu formula, yuk kita bahas..

{tocify} $title={Table of Contents}

Ciri BayiTidak Cocok Susu Formula

Anak-anak Balita yang mengalami alergi pada susu formula tersebut biasanya akan menunjukkan sejumlah gejala yang berbeda-beda. 

Ketidakcocokan mengkonsumsi jenis susu yang satu ini bisa saja disebabkan karena adanya alergi terhadap zat yang terdapat di dalam susu formula tersebut. Seperti yang anda ketahui, setiap merk, pasti memiliki formula berbeda yang merupakan rahasia dapur perusahaan masing-masing merk susu formula.

Ada juga yang menyebut bayi tidak cocok dengan susu formula, karena mengalami intoleransi laktosa dimana bayi akan kesulitan untuk mencerna laksota yang terdapat di dalamnya.

Baca juga:
Cara Mengatasi Bruntusan Pada Kepala Bayi

Berikut ini beberapa ciri anak mengalami ketidakcocokan dengan susu formula.

Bayi yang tidak cocok dengan susu formula, pada umumnya akan menunjukkan ciri-ciri seperti di bawah ini:
  1. Munculnya ruam merah pada kulit si kecil. Ruam tersebut bisa muncul di bagian tubuh manapun. Selain itu, kemunculannya disertai dengan rasa gatal sehingga anak anda akan mencoba untuk melakukan gerakan menggaruk.
  2. Anak tiba-tiba mengalami pilek. Ini adalah sebagai bentuk reaksi alergi yang dialami oleh si kecil.
  3. Adanya pembengkakan pada bagian bibir, wajah maupun area sekitar mata.
  4. Si kecil akan mengalami sakit perut biasanya juga dapat menyebabkan diare hingga BAB disertai dengan darah.
  5. Sering mengalami muntah dan mereka akan lebih rewel dibandingkan dengan sebelumnya.

Bukan hanya gejala diatas saja, anak yang mengalami ketidakcocokan dengan susu formula ternyata juga dapat memicu timbulnya gangguan pernapasan seperti batuk, sesak napas hingga gejala alergi lainnya yang lebih parah yakni anafilaksis.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Tersebut?

Jika ternyata bayi anda sudah menunjukkan beberapa gejala yang ada diatas, maka terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya agar tidak parah.

Baca juga:
Bahaya Memberikan Air Putih Kepada Bayi Yang Baru Lahir

1. Konsultasi pada dokter anak

Hal utama yang dapat anda lakukan adalah melakukan konsultasi dengan dokter anak. Dengan berkonsultasi dengan dokter inilah, maka anda dapat mengetahui produk susu formula seperti apakah yang cocok untuk mereka.

2. Memberikan produk susu yang lain

Apabila ternyata anak mengalami intoleransi terhadap susu sapi, maka ibu dapat memberikan susu formula dimana terbuat dari bahan kedelai. Seperti yang sudah kita ketahui, susu soya atau kedelai tidak akan memberikan dampak kepada si kecil.

Baca juga:

Fungsi Zat Besi Untuk Pertumbuhan Anak

Demikian beberapa gejala si kecil tidak cocok untuk mengkonsumsi susu formula yang wajib diketahui oleh para orang tua. Memaksakan anak buat mengkonsumsi susu formula ini justru dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada mereka.

 Semoga bermanfaat.

 Untuk artikel parenting lainnya, bisa baca Artikel Parenting

 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Facebook Like