Awas! Ini Bahaya Memberikan Air Putih Kepada Bayi Yang Baru Lahir

bahaya air putih untuk bayi baru lahir


Jangan Berikan Air Putih Pada Bayi Baru Lahir! Ini 4 Alasannya

Memberikan air putih untuk bayi baru lahir, itu sangat dilarang. Karena pemberian air putih untuk bayi yang baru lahir, akan sangat membahayakan.

Sebagai alternatif ASI, dapat memberikan susu formula pada bayi,dimana ibunya tidak dapat memberikan ASI eksklusif, adalah solusi yang paling baik.

Baca juga:
Ini Lho..Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula

Oleh sebab itu, banyak orangtua menyediakan susu formula di rumah untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

{tocify} $title={Table of Contents}

Pemberian susu formula memang disarankan, tapi tidak disarankan untuk memberikan air putih pada si kecil, terutama untuk bayi yang baru lahir. Karena bisa membahayakan kesehatan si kecil.

Alasan kenapa bayi baru lahir tidak boleh diberi air putih

Jika pemberian ASI eksklusif tidak memungkinkan, maka sebaiknya diselingi dengan susu formula, bukan dengan memberikan si kecil air putih. Berikut alasan mengapa bayi tidak boleh mengonsumsi air putih:

1. Mengalami Perut Kembung

Memberikan air putih terkadang dianggap sebagai solusi bagi orangtua ketika si kecil haus. Namun, opsi ini hanya bisa dilakukan apabila si kecil sudah mulai makan makanan pendamping ASI di usia 5 atau 6 bulan. 

Apabila belum mencapai usia yang sesuai pemberian air putih dapat menyebabkan si kecil kembung. Karena bayi yang baru lahir tidak memiliki kemampuan menyerap cairan seperti orang dewasa. 

Sistem pencernaan yang belum sempurna membuat penyerapan cairan belum optimal sehingga hanya mampu menyerap susu.

Baca juga:

Cara Mengatasi Bruntusan pada Bayi di Area Kepala

2. Mengalami Diare

Bayi yang baru lahir harus mengonsumsi ASI atau susu formula yang dibuat menggunakan air matang dengan suhu 80 derajat celcius dan didinginkan. 

Apabila Anda memberikan air putih kepada bayi akan memberikan risiko buah hati terkena diare. Bahkan jika Anda memberikan air kemasan tetap tidaklah aman.

Untuk lebih amannya, hanya gunakan air untuk membuat susu formula. Itupun airnya harus air mendidih. Pilih susu formula yang mampu memberikan asupan nutrisi terbaik dan dengan harga terjangkau, tentunya juga aman bagi bayi.

Karena ada beberapa kejadian, bayi yang tidak cocok dengan merk susu formula tertentu. Bayi A cocok dengan merk X, sementara bayi B lebih cocok dengan merk Y.

3. Keracunan Air (Intoksikasi air)

Alasan berikutnya bayi tidak boleh mengonsumsi air putih adalah dapat menyebabkan keracunan air. Bahkan orang dewasa juga bisa mengalami hal ini. Penyebabnya adalah kandungan natrium dalam darah yang menurun sehingga mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh karena konsumsi air terlalu banyak.

Kondisi keracunan ini ditandai dengan muntah, diare, dan tubuh membengkak. Jika hal ini terjadi, bayi harus segera dilarikan ke unit gawat darurat, sebab jika dibiarkan dapat membuat si kecil kejang bahkan koma.

4. Kekurangan Gizi

Meminum air putih dapat memberikan efek kenyang sehingga membuat keinginan minum ASI maupun susu formula si kecil menjadi berkurang. Akibatnya, nutrisi yang diperlukan bayi menjadi tidak tercukupi dan berisiko menurunkan berat badannya.

Anda perlu memperhatikan asupan yang diberikan kepada bayi baru lahir. ASI merupakan makanan utama untuk si kecil. Jika tidak mampu memberikan ASI, air putih tidak boleh dijadikan alternatif pilihan.

Meskipun harus mengeluarkan biaya lebih, ini jauh lebih aman daripada memberikan air putih. Selain itu, Anda dapat menggunakan promo Dancow untuk mendapatkan harga yang lebih bersahabat.

Kesimpulan

Ketika ibu tidak dapat memberikan ASI ekslusif untuk bayi kesayangan anda, jangan sekali-kali mencoba memberikan air putih kepada bayi anda. Karena akan berakibat lebih mahal. Niat hati ingin berhemat, tapi malah jadi pengeluaran besar untuk pengobatan bayi yang sakit akibat air putih.
 

Susu formula, adalah pilihan terbaik untuk pengganti ASI. Pemilihan susu formula, tentu harus mempertimbangkan nilai nutrisi yang terkandung di dalamnya, dan bayi anda tidak alergi terhadap susu formula tersebut.

Semoga bermanfaat.

Untuk artikel parenting lainnya, bisa baca Artikel Parenting
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Facebook Like