Apa Saja Keuntungan Membeli Rumah Secara KPR?

keuntungan membeli rumah kpr


Fasilitas pembiayaan Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR menjadi salah satu yang paling banyak penggemarnya. Pasalnya, kamu bisa wujudkan rumah imajinasimu tanpa harus keluar uang banyak langsung.  Sebenarnya apa keuntungan membeli rumah secara KPR?

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila membeli rumah dengan cara KPR

Inilah Beberapa Keuntungan Beli Rumah Secara KPR

  • Bisa Segera Menempati Rumah yang Dibeli
  • Salah satu keuntungan membeli rumah secara KPR, adalah kamu bisa menempati rumah yang dibeli. 

    Bila kamu harus membangun rumah lebih dulu, kamu harus menunggu berbulan-bulan hingga rumah selesai dibangun dan siap huni. 

    Untuk tinggal di rumah yang dibangun lebih dulu pun, tentunya kamu telah menggelontorkan dana yang tak sedikit.

    Lain ceritanya bila kamu memanfaatkan fasilitas KPR. Sebab, dengan ini ketika rumah sudah di-ACC pengajuan kreditnya, maka kamu segera bisa menghuni rumah tersebut tanpa harus menunggu lama dan menanti pinjaman lunas.

  • Cicilan yang Bisa Disesuaikan
  • Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan membeli rumah secara KPR, adalah cicilannya bisa disesuaikan dengan kemampuan. 

    Ada banyak produk KPR yang menawarkan cicilan rumah dengan harga yang bersaing dan suku bunga yang kompetitif. Dengan begitu, kamu bisa leluasa dalam memilih program KPR mana yang memberikan penawaran terbaik.

    Tentu saja, kamu juga harus sesuaikan pilihan tersebut dengan kemampuan bayar kamu. Dengan begitu, kamu bisa memilih cicilan dari bank mana yang suku bunganya paling rendah dan nilainya cukup aman untuk pengeluaran bulanan kamu. 

    Dengan begitu, kamu bisa lebih bijak dalam mengelola penghasilan yang masuk setiap bulannya.

  • Jaminan Legalitas Kepemilikan
  • Hal lain yang bisa kamu dapatkan dengan membeli rumah secara KPR, adalah jaminan legalitas kepemilikan. 

    Membeli rumah dengan ini selain bisa menyesuaikan pengeluaran dana sesuai kemampuan, kamu tak perlu khawatir masalah keabsahan kepemilikannya. 

    Sebab, semuanya sudah terjamin dan diatur oleh pihak bank.

    Saat kamu menandatangani akad kredit, tentunya akan dibarengi dengan penandatanganan AJB atau Akta Jual Beli yang terjadi antara pembeli dan penjual serta disaksikan juga oleh notaris. 

    Dengan begitu, legalitas kepemilikan rumah tersebut tak perlu kamu ragukan lagi.

  • Legalitas Perumahan Terjamin
  • Tak hanya itu saja, legalitas dari perumahan itu juga terjamin. Pihak bank tentunya tak akan sembarangan dalam memilih. 

    Mereka bekerja sama dengan pengembang dan memberikan KPR dengan legalitas yang terjamin. Legalitas ini mengacu pada surat pembangunan dan perizinan dari pemerintah.

    Terkadang, ada perumahan yang tak memiliki kejelasan karena kredibilitas pengembangnya yang diragukan. Namun, dengan mengajukan KPR terlebih dengan pengembang yang langsung bekerja sama dengan pihak bank tersebut, kamu tak perlu khawatir dengan itu lagi.

  • Bisa Memiliki Rumah Meski Dana Mepet
  • Harga rumah yang cenderung mahal akhir-akhir ini terlebih di kota besar tentunya akan membuat sulit sebagian orang untuk mendapatkan hunian. 

    Ditambah dengan biaya hidup yang makin besar, tentunya hal ini bisa menjauhkanmu dari impian memiliki rumah. 

    Namun, dengan kredit rumah mudah KPR, kamu tetap bisa mewujudkannya.

    Dengan KPR, kamu tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk bisa menikmati hunian yang nyaman dan siap ditempati. 

    Sebab, kamu hanya diharuskan menyiapkan uang DP saja di muka dengan nilai tak lebih dari 30% dari nilai pembelian rumah tersebut. 

    Angka tersebut sudah termasuk biaya-biaya lain yang muncul dalam proses KPR.

    Bukankah dengan cara ini kamu bisa memperoleh keuntungan yang besar? Kamu bisa tinggal di rumah dengan desain rumah yang bikin relax sesuai dengan imajinasimu namun kamu hanya perlu bayar 30% dulu? Sisanya, bisa kamu cicil sesuai dengan kesepakatan yang berlaku.

  • Jaminan Perlindungan
  • Tak hanya itu saja, dengan membeli rumah secara KPR, kamu akan mendapatkan jaminan perlindungan. 

    Jaminan perlindungan ini bisa kamu dapatkan karena adanya perlindungan asuransi jiwa kredit dan asuransi kebakaran serta gempa bumi. 

    Dengan adanya perlindungan ini, kamu tak perlu mengkhawatirkan hunian kamu.

    Jika sewaktu-waktu terjadi bencana, rumah kamu tetap akan aman. Dengan perlindungan yang diberikan asuransi ini, kamu bisa lebih lega. 

    Setidaknya, selama masa cicilan berlangsung, rumah dan kamu akan terproteksi oleh asuransi tersebut. 

    Bilamana nanti kamu meninggal dunia, ahli waris juga tak akan kesulitan dalam melunasi KPR bila belum selesai.

  • Pilihan Berinvestasi
  • Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan membeli rumah secara KPR adalah bisa jadi pilihan investasi. 

    Rumah yang kamu beli tentunya nilainya akan naik setiap bulannya. Kamu bisa mendapatkan properti dengan cara mencicil setiap bulan namun kamu bisa menjualnya sata lunas dengan harga yang jauh lebih tinggi.

    Meski dengan KPR kamu dikenakan bunga yang jumlahnya terbilang cukup besar, namun dengan peningkatan harga properti ini tentu masih bisa mendatangkan keuntungan yang tak terduga pada kamu.

  • Solusi di Kala Butuh Dana Mendesak
  • Ada lagi kelebihan yang bisa kamu dapatkan. Rumah tersebut bisa jadi solusi di kala kamu butuh dana mendesak yang tak bisa ditahan. 

    Kamu bisa mengajukan top up atau penambahan nilai plafon kredit supaya bisa mendapatkan dana lebih. Tak perlu sampai kredit lunas untuk mendapatkannya. 

    Asalkan riwayat cicilan baik, kamu bisa melakukannya.

    Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu dapatkan dengan membeli rumah secara KPR. Selain itu, kamu juga bisa wujudkan desain rumah yang bikin relax dengan membeli rumah secara KPR dan tak perlu pusing pikirkan dana yang belum cukup. 

    Paling penting. Kamu bisa mengatur keuangan dengan baik dan bijak sehingga bisa bayar cicilan tepat waktu.

    Posting Komentar (0)
    Lebih baru Lebih lama

    Facebook Like