5 Perilaku Buruk yang Sebabkan Penyakit Kelamin



Tidak hanya orang dewasa saja, remaja yang mulai melakukan seks dini memiliki peluang terkena penyakit kelamin. Jenis penyakit seksual menular yang bisa membahayakan keselamatan seseorang antara lain HIV/AIDS, sifilis, gonore, klamidia, dan hepatitis.

Ada baiknya Anda mulai menghindari perilaku seks menyimpang dan kebiasaan buruk lain agar tidak terinfeksi penyakit seksual menular ini.

Risiko yang Membuat Anda Rentan Alami Penyakit Kelamin

Anda yang terkena virus HPV, maka rentan alami penyakit yang lebih serius seperti kanker serviks. Berikut jenis perilaku buruk yang harus Anda hindari sejak awal yaitu :

1.  Suka bergonta-ganti pasangan

Perilaku seks menyimpang seperti suka bergonta-ganti pasangan merupakan hal buruk yang patut Anda hindari. Penularan bakteri yang menyebabkan penularan penyakit seksual menular bisa terjadi lewat seks vagina, oral atau anal. 

Bisa jadi infeksi tidak akan langsung memberikan gejala setelah tertular, tetapi akan menimbulkan tanda-tanda beberapa waktu kemudian.

2.  Tidak memakai kondom

Hindari melakukan seks tanpa pengaman, apalagi Anda melakukan kegiatan intim yang berisiko. Contoh kegiatan seksual yang berisiko antara lain melakukan seksual pertama kali sejak usia dini. 

Remaja usia belasan yang sudah aktif seksual sangat rentan mengalami penularan penyakit karena dampak pergaulan bebas tersebut.

3.  Suka menggunakan alat bantu seks

Alat bantu seks bisa menjadi pilihan sebagian orang yang ingin menyalurkan hasrat. Namun, hindari menggunakan alat bantu seks secara bergantian dengan orang lain. 

Keberadaan cairan dari pengguna sebelumnya bisa masih menempel pada mainan yang rentan menularkan penyakit pada Anda, apalagi penggunaan alat bantu yang tidak dicuci steril lebih dulu.

4. Memakai narkoba

Memakai narkoba menggunakan jarum suntik secara bergantian sangat rentan menularkan berbagai penyakit, termasuk penyakit seksual menular seperti sifilis, HIV/AIDS dan sebagainya. Selain lewat jarum suntik, pemakaian narkoba secara ramai-ramai rentan menimbulkan masalah kekerasan dan kriminalitas. 

Pesta seks yang dilakukan dibawah kendali obat-obatan terlarang bisa membuat pecandu terkena dampak buruk penyakit kelamin tersebut.

5. Konsumsi alkohol

Hal ini berkaitan dengan konsumsi alkohol yang bisa menurunkan kesadaran Anda sehingga melakukan hubungan seksual bebas tanpa pengaman. 

Tidak selektif memilih pasangan bercinta atau melakukan hubungan intim dengan pasangan non resmi acap menjadi pemicu penularan penyakit seksual. Bila Anda terkena penyakit seksual menular, maka risiko infertilitas cukup tinggi sehingga Anda  akan menyesal seumur hidup.

Dari berbagai perilaku buruk di atas, sudah sebaiknya Anda mulai menghindari kebiasaan yang bisa sebabkan penularan penyakit kelamin. Bila seseorang sudah terinfeksi HIV, maka potensi terkena AIDS yang bisa sebabkan kematian sangat tinggi. 

Tidak hanya diri sendiri yang tertular, tapi Anda punya peluang menularkan penyakit seksual menular pada pasangan resmi. Yuk, hindari perilaku buruk yang bisa sebabkan penularan penyakit seksual demi menjaga kesehatan anda dengan memilih kegiatan positif mulai sekarang!

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Facebook Like