Berbagai Manfaat Aloe Vera Gel untuk Kulit dan Rambut

Kosmetik dengan bahan dasar aloe vera kini semakin populer. Mulai dari aloe vera dalam bentuk gel, sabun mandi, sampo, cream, dan lain sebagainya. Alasannya sederhana, karena aloe vera memang kaya akan manfaat bagi tubuh, dan masyarakat mulai paham dengan manfaat tersebut. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat aloe vera gel ini? Berikut adalah ulasannya.

Macam-Macam Khasiat Gel Lidah Buaya

  1. Sebagai pelembap kulit

Aloe vera gel memiliki fungsi untuk melembapkan, terutama untuk menghidrasi kulit yang kering. Tidak heran aloe vera gel cocok untuk mereka yang berkulit kering karena mampu memberikan sensasi menyejukkan sekaligus melembapkan. Gunakan aloe vera gel usai mandi pada bagian tubuh yang diinginkan, seperti wajah, tangan, kaki, maupun bagian tubuh lainnya.

Selain untuk kulit, aloe vera gel juga cocok untuk mengatasi bibir yang kering. Sehingga jika kamu punya masalah dengan bibir pecah-pecah karena kering, coba aplikasikan aloe vera gel secara rutin untuk perawatan harian. Bisa juga untuk treatment bagian-bagian kulit yang mengalami retak-retak seperti pada tumit.

  1. Sebagai penyubur rambut

Laki-laki maupun perempuan memang sering sekali mengalami masalah pada rambut, terutama rambut rontok yang menyebabkan kebotakan. Untuk mengatasi hal tersebut, sebenarnya kamu bisa mencoba untuk mengaplikasikan aloe vera gel setiap hari pada kulit kepalamu.

Ada beberapa cara untuk menggunakan aloe vera gel pada rambut. Pertama, kamu bisa mengaplikasikannya langsung sebagai masker rambut, kemudian tunggu beberapa saat baru keramas. Atau, kamu bisa membuat minyak lidah buaya dengan cara mencampurkan virgin coconut oil dengan gel lidah buaya. Cara lain, blender lidah buaya dan campur dengan vitamin E untuk memberi efek yang lebih cepat.

  1. Memudarkan noda pada kulit

Bagi yang memiliki bekas luka bakar atau luka akibat hal lain, sangat bisa untuk menerapkan gel lidah buaya supaya bisa memudarkan bekas tersebut. Selain memberikan sensasi menyejukkan pada kulit, lidah buaya juga memiliki efek mencerahkan meskipun tidak memutihkan. Penerapan lidah buaya dengan vitamin E pada kulit bukan hanya memudarkan bekas luka, tapi juga membuat kulit lebih sehat dan melindungi kulit dari penuaan dini.

  1. Mengatasi jerawat membandel

Aloe vera gel juga sangat bermanfaat untuk mengurangi jerawat di wajah. Hal ini karena aloe vera memiliki sifat anti inflamasi, sehingga ampuh untuk mengempeskan jerawat yang meradang di kulit. Hanya saja, karena tidak semua orang cocok menggunakan produk aloe vera, sehingga tidak semua orang bisa menerapkannya.

  1. Masker wajah untuk kulit yang lebih sehat

Kamu juga bisa menggunakan aloe vera sebagai masker wajah untuk memberikan hasil maksimal. Jika kulitmu sensitif, ada baiknya tidak menggunakan gel aloe vera yang langsung dari lidah buaya segar, tapi lebih baik menggunakan produk gel lidah buaya yang memang diperuntukkan bagi kulit.