Tips Yang Disarankan Dalam Membuat Bekal Bernutrisi Anak

Bersekolah merupakan sebuah kegiatan menempuh ilmu yang dianjurkan untuk menunjang masa depan anak. Kegiatan bersekolah dilakukan mulai dari TK hingga kuliah. Dalam rentang waktu ini, anak akan memperoleh ragam informasi terkait kegiatannya tersebut. Dimana anak akan dibekali ilmu untuk menunjang masa depan mereka. Kegiatan bersekolah dianjurkan 9 hingga 12 tahun. Namun anda dapat bersekolah mulai TK hingga kuliah untuk menunjang keilmuan anda.

TK sendiri merupakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan pada anak usia dibawah 5 tahun hingga akan masuk ke sekolah dasar. Tk sendiri mengajarkan berbagai kegiatan dasar untuk menunjang keilmuan anak. Mulai dari menghitung, membaca, ragam kegiatan motorik anak dan sebagainya. Dalam melakukan kegiatan sekolahnya, anak cenderung akan menghabiskan sebagian waktunya di sekolah. Sebab itu, ketika anak bersekolah maka mereka akan mengalami masa membawa bekal.

Membawa bekal merupakan kegiatan membawa makanan dari rumah untuk dikonsumsi saat disekolah. Konsumsi bekal biasanya dilakukan saat jam istirahat berlangsung. Kegiatan membawa bekal biasanya merupakan kegiatan yang dianjurkan sekolah untuk dilakukan anak. Kegiatan membawa bekal dianjurkan sebab akan mendukung pertumbuhan anak dan aktivitas anak di sekolah. Hal ini dikarenakan bekal lebih menyehatkan dibandingkan dengan konsumsi jajanan diluar.

Namun, terkadang banyak orang tua yang merasa bingung memberikan bekal anak sekolah mereka dalam menunjang nutrisi anaknya. Mereka terkadang memberikan bekal anak sekolah dengan makanan siap saji yang kurang menyehatkan dan akan merusak kesehatan anak mereka. Menu bekal anak sekolah yang disarankan adalah menu makanan yang menyehatkan, mendukung pertumbuhan anak, dan sesuai dengan kebutuhan kalori anak. Sehingga anak ketika mengonsumsi bekal anak sekolah mereka akan terjamin nutrisinya.

Dalam memikirkan menu bekal anak sekolah yang diberikan, kami berikan tips menyiapkan menu bekal anak sekolah yang enak dan bernutrisi :

  1. Memilih menu makanan menyehatkan namun praktis
  2. Melakukan variasi menu bekal anak sekolah secara berkala
  3. Mengajak anak turut serta memilih menu bekal anak sekolah
  4. Membuatkan menu bekal anak sekolah sesuai makanan favoritnya dengan kreasi anda
  5. Memberikan snack buah pada menu bekal anak sekolah

Nutrisi yang dibutuhkan anak ketika tumbuh dan berkembang adalah seluruh komponen nutrisi makro dan mikro yang tepat saji. Penggunaan pedoman “Isi Piringku” dapat menjadi opsi bagi orang tua dalam menyediakan menu bekal anak sekolah. Dimana menurut pedoman “Isi Piringku”, menu bekal anak sekolah yang disarankan adalah menu makanan dengan komposisi 1/3 karbohidrat, 1/3 protein dan 1/3 buah dan sayuran.

Dalam mempersiapkan menu bekal anak sekolah, ada baiknya anda memperhatikan menu makanan dengan komposisi tersebut. Agar lebih menarik, anda dapat memberikan kreasi bentuk makanan.