Tips Menambahkan Berat Badan Anak

Tentunya pasti ada kekhawatiran sendiri bagi orang tua melihat perkembangan anaknya, terutama melihat perkembangan pada berat badannya. Ada beberapa orang tua mencoba berbagai cara untuk menambahkan berat badan anak nya. Namun, perlu ada cara yang tepat dan pas, supaya perkembangan anak Anda tetap sehat dan proposional.

Berat badan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat menyebabkannya, hal ini dipengaruhi oleh nafsu makan dan genetik. Sebenarnya sebelum Anda bertindak mengenai cara menambahkan berat badan, terlebih dahulu lebih baik Anda menkonsultasikan semuanya pada dokter kandungan atau bidan terdekat. Apabila terlalu kurus, berikut caranya.

Berat Badan Anak

Menambahkan berat badan anak itu harus disesuaikan dengan usianya, karena hal ini didasarkan pada beberapa hal dan faktor. Anda terlebih dahulu harus mempertimbangkannya dan tidak sembarangan. Pastikan semuanya sesuai pada grafik yang ada, dalam hal ini terkait timbangannya. Cara pastinya Anda dapat konsultasi pada dokter kandungan atau bidan Anda, setelah semuanya telah diperhitungkan dan hasilnya terlalu kurus. Berikut beberapa cara untuk menambahkan berat badannya pada anak, sebagai berikut :

  • Makanan Kalori Tinggi

Pilih makanan yang mengandung banyak kalori yang tinggi dan melihat dapat dilihat dari membaca dan memahami tabel nutrisi yang tersedia didalam kemasan. Selain itu, pastikan juga masa expired dari produk tersebut. Memberikan makanan yang mengandung banyak nutrisi itu sangat besar mempengaruhi tumbuh kembang berat badan pada anak Anda. Tentunya tetap pada porsi yang seimbang dan jangan terlalu berlebihan.

  • Konsisten

Memberikan jadwal makan yang tepat setiap harinya akan memberikan dampak yang bagus untuk berat badan pada buah hati kesayangan Anda. Pola makan sehat dan teratur ini membuat anak lebih sehat dan mempunyai manfaat lainnya yaitu pengaruh pada berat badan. Pastikan Anda melakukanya secara konsisten dan jangan sampai si kecil dapat kehilangan bagian pentingnya.

  • Berikan Kacang dan Lainnya

Anda dapat mencampur dan menambahkan beberapa olahan makanan pada anak Anda dan pilih menu yang pas dan tepat. Solusinya dapat menambahkan dengan kacang-kacangan, alpukat, selai kacang dan minyak zaitun. Beberapa makanan yang disebutkan mempunyai kandungan yang besar terkait lemak sehat dan hasilnya dapat menambahkan berat badan si buah hati. Selain itu, berpengaruh juga pada kesehatan lainnya yaitu terhindar dari penyakit peradangan.

  • Susu Rendah Lemak dan Jus Buah

Sesekali Anda dapat mengganti minum si buah hati, apabila anak Anda mengalami haus tidak ada salahnya menggantikannya dengan jus dan susu. Ini akan memiliki pengaruh yang besar untuk menaikan berat badan dibandingkan dengan air putih.

Sebenarnya Anda tidak perlu begitu khawatir mengenai berat badan si buah hati Anda, selama anak Anda masih banyak makan, tumbuh dengan ceria. Seharusnya kekhawatiran Anda tidak mempengaruhinya. Untuk itu, Anda tetap konsultasi pada dokter kandungan dan bidan Anda, tidak hanya tumbuh kembang anak dan juga info bayi untuk Anda yang sedang menjalani proses kehamilan.