Tips Memilih Peralatan Makan yang Tepat

Untuk menjaga kesehatan tubuh, hal yang harus dijaga bukan hanya pola makan dan juga menjalani pola hidup sehat. Namun faktor lain yang juga harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan tubuh yaitu peralatan makan. Tentu saja ini sangat penting karena bukan hanya makanan yang bersih dan sehat namun juga harus menggunakan peralatan makan yang mendukung dan juga pastinya terjaga kebersihannya.

Peralatan makan ini bisa termasuk perlengkapan yang menunjang aktivitas selama makan baik itu piring, mangkuk, kotak makan, wadah, sendok, garpu, dan peralatan lainnya yang seringkali digunakan sehari-hari. Pemilihan peralatan makan yang tepat baik itu ukuran, bentuk, dan juga warna juga dapat mempengaruhi selera makan seseorang.

Mempertimbangkan Untuk Memilih Peralatan Makan

Terdapat banyak jenis peralatan makan baik itu peralatan makan formal atau untuk peralatan makan rumahan yang digunakan secara pribadi. Belum lagi bahan-bahannya yang bervariasi. Tentu membeli peralatan makan tidak boleh sembarangan. Untuk itulah berikut beberapa tips dalam memilih peralatan makan yang tepat.

  1. Pilih bahan yang aman

Meskipun suatu bahan digunakan untuk membuat peralatan makanan bukan berarti bahan tersebut aman dari kandungan berbahaya. Menurut penelitian, tempat makan dari melamin tidak terlalu cocok untuk meletakkan makanan panas karena dapat menyebabkan seseorang mengeluarkan urin dengan kandungan melamin 8,35 mikrogram lebih banyak dibandingkan menggunakan piring keramik.

Bahan ini sebenarnya sudah dinyatakan aman oleh FDA hanya saja penggunaannya tetap harus hati-hati dan sebaiknya hindari meletakkan makanan panas pada wadah makan yang terbuat dari melamin untuk menghindari dan mencegah masalah kesehatan terutama pada ginjal. Anda bisa memilih yang terbuat dari kaca, stainless steel, atau keramik.

  1. Pilih model sesuai selera

Setelah menentukan bahan peralatan makanan yang aman, anda juga bisa memilih peralatan makan dengan tampilan yang estetik karena bukan hanya dapat memperindah penataan pada meja makan namun juga dapat membuat anda dan keluarga lebih senang saat makan. Model yang dipilih bisa berdasarkan warna, motif, pola, desain, dan faktor lainnya yang dapat menjadi pertimbangan.

  1. Sesuaikan dengan jenis makanan

Dengan menentukan jenis makanan terlebih dahulu maka akan lebih mudah memilih peralatan makan yang tepat sebagai wadah makan dan untuk membuat meja makan terlihat lebih rapi. Misalnya seperti piring lauk dan piring makan yang memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda. Untuk setiap sup juga memerlukan mangkuk yang berbeda-beda. Dengan ini makan dapat meningkatkan selera makan dan juga membuat tampilan makan terlihat lebih baik.

  1. Merek

Untuk memilih peralatan makanan yang tepat dan aman, merek juga sangat penting. Pasti terdapat alasan mengapa suatu merek sangat populer di kalangan masyarakat. Untuk memastikan kualitas peralatan dari suatu merek, anda bisa melihatnya dari logo SNI dan atau yang sudah teruji oleh FDA. Merek yang sudah bersertifikat SNI atau FDA dapat dipertimbangkan sebagai alat makan yang tepat bagi anda.

  1. Pilih peralatan set makan

Apabila anda bingung dalam memilih peralatan makan, anda bisa mempertimbangkan untuk membeli set makan. Dengan ini makan alat makan akan lebih serasi dan juga estetik saat ditata di meja makan. Kegiatan makan bersama keluarga juga akan terasa lebih tenang dan nyaman.

Untuk mendapatkan peralatan makan berkualitas, anda bisa mengunjungi situs Fitco.id. Fitco menawarkan berbagai peralatan makan terpisah maupun set dengan desain yang menarik dan pastinya harga yang bersahabat.