Tips Memilih Jurusan Kuliah di Kampus Favorit di Sumut

Bagi yang sedang duduk di bangku SMA terutama kelas 12 pasti sedang dalam masa-masa bingung memilih jurusan. Bagi yang ingin kuliah di Medan tentu saja akan memilih kampus favorit di Sumut baik itu negeri maupun swasta. Namun setelah memilih kampus, pasti akan mulai bingung dengan jurusan yang harus dipilih.

Tips Memilih Jurusan

Ada yang memilih kampus terlebih dahulu barulah memilih jurusan, namun ada juga yang sebaliknya. Memang lebih baik untuk menentukan jurusan terlebih dahulu sebelum memilih kampus agar bisa mengetahui apakah kampus tersebut memiliki jurusan yang diinginkan. Daripada bingung memilih jurusan, berikut terdapat beberapa tips memilih jurusan yang tepat untuk anda.

  1. Pahami potensi diri

Sebelum memutuskan untuk mengambil suatu jurusan, ada baiknya untuk memahami potensi yang ada dalam diri sendiri. Misalnya selama sekolah, anda ahli di bidang Fisika dan Sastra, maka anda bisa mengambil jurusan yang berhubungan dengan kedua bidang tersebut atau salah satunya saja. Alangkah baiknya untuk memilih jurusan potensi diri agar tidak merasa salah masuk jurusan di kemudian hari.

  1. Kenali passion anda

Selain kemampuan, anda juga bisa memilih jurusan berdasarkan passion atau minat anda. Misalnya anda suka belajar bahasa asing maka tidak ada salahnya memilih sastra sebagai jurusan anda. Pilih bahasa asing yang diminati. Jadi anda dapat memilih jurusan sesuai passion meskipun tidak berhubungan dengan kemampuan anda karena merupakan hobi yang ingin anda tekuni. Belajar juga akan menjadi lebih mudah.

  1. Sesuaikan dengan biaya kuliah

Setiap jurusan memiliki biaya kuliah yang berbeda-beda misalnya jurusan kedokteran akan lebih mahal dibandingkan jurusan akuntansi. Jadi ada baiknya untuk membahas hal ini dengan orang tua, wali yang membiayai uang kuliah, atau dengan diri anda sendiri apabila membiayai uang kuliah sendiri. Anda juga bisa mencari beasiswa agar dapat meringankan biaya.

  1. Lakukan riset

Cobalah untuk melakukan riset tentang jurusan yagn sekiranya akan diambil nanti misalnya mencari tahu lokasi kampus yang memiliki jurusan tersebut, lulusan atau alumni, biaya kuliah, mata kuliah, hingga profil jurusan. Dengan melakukan riset akan membantu anda meyakinkan diri sendiri apakah jurusan tersebut sudah tepat untuk anda.

  1. Jangan mengikuti teman

Banyak dari mereka yang memilih jurusan hanya karena mengikuti teman agar nantinya selama masa perkuliahan memiliki teman yang sama pada saat sekolah. Namun alih-alih kuliah dengan nyaman, malah merasa salah jurusan dan tidak fokus dengan mata kuliah yang diajarkan.

Maka dari itu lebih baik memilih jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan. Tidak ada salahnya untuk beda jurusan dengan teman karena seiring berjalannya waktu anda akan mendapatkan teman saat kuliah.

  1. Konsultasikan dengan ahli

Banyak siswa yang masih buta dengan jurusan yang harus dipilih dan pada akhirnya mereka memilih untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Konsultasi bisa dilakukan dengan siapa saja entah itu guru di sekolah, orang tua, atau yang memang ahli dalam bidang ini. Beberapa sekolah juga memiliki layanan konseling bagi siswa yang bingung dalam memilih jurusan.

Anda dapat mempertimbangkan jurusan di Universitas Medan Area (UMA) yang merupakan kampus terbaik di Medan. UMA memiliki program S1 yaitu psikologi, ekonomi & bisnis, hukum, teknik, isipol, sains & teknologi, dan pertanian. Untuk program S2 yaitu psikologi, hukum, administrasi publik, dan agribisnis sedangkan program S3 yaitu ilmu pertanian. Untuk informasi jurusan yang lengkap dan pendaftaran, anda dapat mengunjungi www.uma.ac.id.