Service Mesin Cuci? Ini Komponen Penting yang Diperlukan

Mesin cuci merupakan alat elektronik yang dibutuhkan di dalam rumah tangga untuk membantu Anda membersihkan pakaian. Mesin cuci akan membuat kerja menjadi lebih cepat dan tidak capek. Lakukan perawatan mesin dengan service mesin cuci. Ini komponen penting yang harus diperlukan.

  1. Motor Mesin Cuci

Motor mesin cuci merupakan komponen yang penting diperhatikan agar arah perputaran mesin tidak mengalami masalah. Anda bisa mencuci dengan cepat dalam waktu yang singkat. Perputaran yang cepat akan membuat kotoran bisa dibersihkan dengan maksimal.

  1. Timer Pengering

Anda juga harus memperhatikan timer pengering pada mesin cuci saat melakukan service agar bisa mengatur lama pencucian tanpa macet. Anda membutuhkan pengaturan waktu yang akurat agar hasil cucian bersih tanpa adanya kotoran yang menempel. Pengaturan waktu ini sangat membantu karena mesin bisa mati dengan otomatis setelah selesai.

  1. Kapasitor Mesin Cuci

Kapasitor mesin cuci memiliki 4 terminal output yang terdiri dari dua mesin pengering dan mesin pencuci. Pastikan kapasitor ini tidak terbalik pemasangannya karena jika salah pasang akan membuat motor yang rusak.

  1. Fan Belt

Fan belt merupakan menghubungkan motor dengan gearbox mesin cuci sehingga gerakan motor dapat diteruskan ke tabung pencuci. Anda tidak perlu khawatir pakaian akan tersangkut atau apa pun karena komponen ini akan bekerja dengan sempurna.

  1. Selang Pembuangan Air

Saat melakukan service mesin cuci jangan lupa untuk memperhatikan selang pembuangan air mesinnya. Selang ini berfungsi untuk membuang air bekas cucian dengan mudah. Anda tinggal menunggu timing pencuciannya selesai. Tanyakan dengan tukang service ada atau tidaknya gangguan dari selang pembuangan air ini. Pastikan tidak ada selang yang bocor.

  1. Pulsator

Pulsator juga komponen penting yang harus diperhatikan. Bagian ini merupakan sebuah bilah yang bergerak memutar bolak balik pakaian di dalam mesin. Fungsinya untuk menciptakan pusaran air di dalam mesin cuci saat mencuci dan membilas pakaian.

Komponen ini akan mudah mengalami kerusakan jika beban pakaian yang dimasukkan ke dalam mesin terlalu banyak atau berat. Selain itu juga bisa mengalami kerusakan jika adanya benda tajam di dalam pakaian yang dicuci. Contohnya seperti jarum, baut, atau koin. Jadi periksa terlebih dahulu agar tidak mengalami masalah pada bagian ini.

  1. Spin Tube

Anda jangan sampai lupa untuk memperhatikan bagian spin tube saat akan melakukan service. Bagian ini akan memutar dan memeras air pada pakaian dan kemudian akan memasukkan pakaian ke lubang bawah tabung spin lalu air akan keluar dengan sendirinya.

Anda bisa menanyakan kepada tukang service mesin cuci apa saja penyebab yang membuat mesin cuci mengalami masalah. Tidak perlu ragu menanyakannya dengan detail agar Anda bisa menghindari penyebab itu ke depannya. Pemesanan jasa service bisa dengan mengunjungi website Sejasa.