Pengertian Descriptive Text Lengkap dengan Purpose & Structurenya

Ada beberapa jenis teks dalam bahasa Inggris, yaitu descriptive text, procedure text, narrative text, dll. Salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris yang harus kamu ketahui adalah descriptive text. Apa itu descriptive text? Apa sajakah fungsinya?

Apa Itu Descriptive Text?

Kata descriptive diambil dari describe yang artinya menerangkan secara detail seperti apa seseorang melakukan sesuatu. Pengertian descriptive text itu sendiri adalah teks yang di dalamnya berisi mengenai gambaran rinci mengenai suatu objek secara apa adanya.

Objek yang umum digambarkan dalam descriptive text adalah tempat dan noun (yang di dalamnya dapat berupa benda mati, manusia, dan makhluk hidup lainnya).

Fungsi Descriptive Text

Berbeda dengan procedure text, Purpose of descriptive text atau fungsi dari teks ini adalah mendeskripsikan mengenai orang, tempat, atau benda mati sehingga hasil deskripsi tersebut dapat memberikan gambaran kepada pembaca.

Itulah sebabnya mengapa teks deskriptif harus diungkapkan secara apa adanya, agar apa yang dimaksud oleh penulis bisa ditangkap oleh pembaca dengan baik dan sesuai.

Karakteristik Descriptive Text

Ada beberapa karakteristik dari descriptive text yang harus kamu perhatikan dalam penulisan:

  • Simple present: Tenses yang digunakan dalam descriptive text adalah simple present tense
  • Noun dan Noun Phrase: Kedua kelas kata tersebut selalu muncul saat mendeskripsikan sesuatu. Noun terdiri dari satu kata, noun phrase terdiri dari dua kata.
  • Adjective: Adjective ini biasanya digunakan untuk mendeskripsikan objek.
  • Adverbials: Adverbials biasanya digunakan untuk menerangkan verb/kata kerja yang objeknya benda hidup.
  • Relating Verb: Kata kerja ini digunakan untuk menghubungkan subjek dan penjelasan subjeknya. Contoh relating verb adalah is, are, have, has, dll.
  • Action Verb: Kata kerja ini menunjukkan tindakan. Biasanya digunakan untuk mendeskripsikan benda hidup.

Struktur Descriptive Text

Descriptive text memiliki dua struktur, yaitu identification dan description.

  • Identification bertujuan mengidentifikasi objek yang dibahas secara detail.
  • Description berfungsi untuk menjelaskan lebih rinci mengenai ciri-ciri objek yang sudah dijelaskan di awal teks.

Itu dia pengertian descriptive text lengkap dengan fungsi dan strukturnya. Sekarang kamu dapat membuat teks descriptive tanpa rasa bingung atau takut salah.