Mengulas Tentang Cacing Tanah yang Digunakan untuk Obat Sakit Tipes

Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh Rickettsia atau Orientiabacteria. Anda bisa mendapatkan virus tersebut dari tungau atau kutu yang terinfeksi. Alat kebersihan modern sebagian besar telah menghentikan penyebaran virus yang menyebabkan tipes, tetapi virus masih dapat berkembangbiak dalam kondisi di mana sanitasi buruk atau jika ditularkan oleh hewan yang terinfeksi. Berbagai macam obat sakit tipes yang ditawarkan seperti obat-obatan tradisional apotik bisa Anda gunakan untuk langkah awal mengatasi tipes.

Ada tiga jenis tipes, masing-masing disebabkan oleh bakteri yang berbeda, diantaranya:

  • Murine typhus ditularkan oleh kutu ke orang-orang, jika kutu tersebut menggigit binatang yang terinfeksi, terutama tikus.
  • Typhus epidemi adalah varietas langka yang disebarkan oleh kutu tubuh yang terinfeksi. Satu jenis tifus epidemi dapat disebarkan oleh tupai terbang yang terinfeksi-sekali lagi, sangat jarang.
  • Typhus scrub disebarkan oleh chiggers yang terinfeksi, atau tungau, terutama ditemukan di daerah pedesaan di Asia Tenggara, Cina, Jepang, India, dan Australia utara.

Ketiga jenis tifus dapat menyebabkan penyakit serius, jadi segera dapatkan perawatan jika Anda merasa terkena tipes.

Masyarakat Indoenesia umumnya terjangkit tipes karena bakteri Salmonella. Seseorang yang mengidap tipes biasanya akan merasakan gejala-gejala yang sangat khas seperti:

  • Mengalami kenaikan suhu tubuh (demam) yang sangat tinggi.
  • Mengalami diare atau konstipasi.
  • Kepala dan perut sering terasa sakit .

Di Indonesia sudah tidak asing lagi apabila menggunakan cacing tanah untuk mengobati tipes. Sering dianggap sebagai hewan melata yang menjijikkan, cacing tanah (Lumbricina) ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Tidak hanya memiliki peran penting dalam menyuburkan tanah, hewan yang satu ini juga mempunyai manfaat luar biasa di bidang medis. Melalui banyak penelitian, terungkap bahwa cacing memiliki kadar protein dan asam amino yang tinggi yang baik bagi tubuh. Protein dari cacing tanah mencapai 76% yang berarti lebih tinggi dari daging mamalia yaitu 65%, dan ikan yang 50%.

Awalnya, penyakit tipes sering diobati dengan ekstrak cacing tanah oleh seorang dokter di China. Hal itu berdampak baik dan cara tersebut akhirnya digunakan hingga kini. Penyakit tipes dipicu oleh berkembangnya bakteri salmonella, dan cacing mengandung anti bakteri yang menekan pertumbuhan penyakit bakteri. Penyembuhan penyakit tipes ini adalah untuk menghilangkan bakteri yang masuk di tubuh. Penderita disarankan istirahat dengan total dan tidak banyak beraktifitas supaya demam cepat membaik. Jika banyak bergerak bisa membuat suhu tubuh naik dan virus akan terus berkembangbiak masuk ke dalam darah.

Cara membuat obat sakit tipes dari cacing tanah sendiri sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang termasuk Anda. Yang harus Anda persiapkan adalah cacing tanah, sebaiknya dalam pemilihan cacing tanah ialah cacing yang dihasilkan dari hasil budidaya seperti cacing tanah lumbricus rubellus, cacing tanah tiger dan lain-lain. Setelah cacing tersedia secukupnya untuk diolah, selanjutnya Anda cuci bersih cacing hingga benar-benar bersih sampai tidak ada tanah sedikitpun. Setelah cacing dicuci bersih, selanjutnya siapkan tempat perebusan yang di isi dengan 3 gelas air minum, masukan cacing yang telah dibersihkan tadi. Diamkan proses perebusan berlangsung hingga air mendidih atau kira-kira hingga air dalam rebusan bersisa setengahnya. Setelah itu angkat dan saring, masukan air rebusan kedalam gelas. Agar proses penyembuhan tipes lebih cepat teratasi, Anda bisa mengonsumsi ramuan diatas sebanyak 3 kali dalam 1 hari. Apabila sakit tipes semakin memburuk segera hubungi Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.