Macam Kandungan pada Salep Gatal yang Jitu serta Efektif

Gatal pada kulit pasti buat tidak nyaman. Untungnya, Kamu dapat mengatasinya dengan salep gatal. Tidak cuma meredakan gatal, salep gatal pula dapat melembapkan kulit serta menolong sistem imunitas badan supaya tidak memunculkan respon berlebihan.

Tipe obat gatal yang Kamu pilih nantinya wajib cocok dengan penyakit ataupun keadaan yang mendasari kemunculannya. Banyak perihal yang bisa membuat kulit Kamu jadi gatal.

Gatal dapat terjadi selaku respon alergi sehabis kulit Kamu bersentuhan dengan faktor gatal. Seperti sabun ataupun lotion yang tidak sesuai buat tipe kulit Kamu. Kondisi ini pula disebut dermatitis kontak.

Keadaan lain semacam kulit kering, eksim, tergigit serangga, ataupun peradangan semacam kurap serta kudis pula diisyarati dengan timbulnya rasa gatal pada kulit.

Jenis salep gatal yang jitu mengobati

  1. Hidrokortison

Hidrokortison merupakan salah satu krim steroid yang bisa kurangi peradangan pada kulit. Walaupun demikian, Kamu tidak disarankan buat memakai hidrokortison tanpa resep dokter serta selama lebih dari 2 minggu.

Alasannya, konsumsi hidrokortison yang sangat lama bisa menipiskan susunan kulit serta bisa membuat jadi lebih gatal. Konsumsi obat pula tidak dianjurkan buat wilayah dekat jari kaki, Miss V, serta pangkal paha.

  1. Calamine

Calamine yang umumnya ada dalam wujud losion memang tidak sepopuler hidrokortison. Tetapi, kandungan calamine ini memiliki kombinasi oksida seng serta oksida besi yang efisien buat melenyapkan gatal serta mengeringkan ruam yang melepuh.

Tidak hanya itu, gatal pada kulit yang diakibatkan oleh gigitan serangga serta sengatan teruji jitu teratasi dengan calamine.

  1. Dipenhydramine

Dipenhydramine ialah antihistamin yang banyak ada pada krim, gel, ataupun semprot buat menyembuhkan kulit gatal. Dipenhydramine ini bekerja dengan membatasi dampak gatal dari histamin, senyawa yang dibuat di kulit selama respon alergi.

Isi dipenhydramine direkomendasikan buat kulit gatal yang diakibatkan sebab gigitan serangga ataupun sengatan hewan. Tetapi, Kamu butuh hati-hati karena pemakaian krim ini bisa merangsang kulit serta memunculkan alergi pada sebagian orang.

  1. Pramoxine

Pramoxine ialah anastesi ringan yang kerap ditambahkan pada produk salep ataupun krim anti gatal yang pula memiliki hidrokortison ataupun bahan aktif yang lain.

Kandungan ini efisien buat melenyapkan rasa sakit serta gatal yang diakibatkan oleh gigitan serangga. Apapun tipe krim ataupun salep yang Kamu pilih buat menanggulangi gatal, tadinya Kamu butuh mendiskusikannya dengan dokter spesialis kulit supaya obat tidak memunculkan efek samping yang sungguh-sungguh.