Jangan Berikan Air Putih Pada Bayi Baru Lahir! Ini 4 Alasannya

Pemberian susu formula pada bayi yang ibunya tidak dapat memberikan ASI eksklusif merupakan hal wajar. Oleh sebab itu, banyak orangtua menyediakan susu formula di rumah untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Promo Dancow dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan susu formula sebagai pendamping ASI si kecil.

Pemberian susu formula memang disarankan, tapi tidak disarankan untuk memberikan air putih pada si kecil, terutama untuk bayi yang baru lahir. Karena bisa membahayakan kesehatan si kecil.

Alasan kenapa bayi baru lahir tidak boleh diberi air putih

Jika pemberian ASI eksklusif tidak memungkinkan, maka sebaiknya diselingi dengan susu formula, bukan dengan memberikan si kecil air putih. Berikut alasan mengapa bayi tidak boleh mengonsumsi air putih:

1.     Mengalami Perut Kembung

Memberikan air putih terkadang dianggap sebagai solusi bagi orangtua ketika si kecil haus. Namun, opsi ini hanya bisa dilakukan apabila si kecil sudah mulai makan makanan pendamping ASI di usia 5 atau 6 bulan. Apabila belum mencapai usia yang sesuai pemberian air putih dapat menyebabkan si kecil kembung.

Bayi yang baru lahir tidak memiliki kemampuan menyerap cairan seperti orang dewasa. Sistem pencernaan yang belum sempurna membuat penyerapan cairan belum optimal sehingga hanya mampu menyerap susu.

2.     Mengalami Diare

Bayi yang baru lahir harus mengonsumsi ASI atau susu formula yang dibuat menggunakan air matang dengan suhu 80 derajat celcius dan didinginkan. Apabila Anda memberikan air putih kepada bayi akan memberikan risiko buah hati terkena diare. Bahkan jika Anda memberikan air kemasan tetap tidaklah aman.

Untuk lebih amannya, hanya gunakan air untuk membuat susu formula. Itupun airnya harus air mendidih. Pilih susu formula yang mampu memberikan asupan nutrisi terbaik dan dengan harga terjangkau. Memanfaatkan promo Dancow akan memberikan Anda kesempatan mendapatkan produk berkualitas dengan harga terbaik.

3.     Keracunan Air (Intoksikasi air)

Alasan berikutnya bayi tidak boleh mengonsumsi air putih adalah dapat menyebabkan keracunan air. Bahkan orang dewasa juga bisa mengalami hal ini. Penyebabnya adalah kandungan natrium dalam darah yang menurun sehingga mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh karena konsumsi air terlalu banyak.

Kondisi keracunan ini ditandai dengan muntah, diare, dan tubuh membengkak. Jika hal ini terjadi, bayi harus segera dilarikan ke unit gawat darurat, sebab jika dibiarkan dapat membuat si kecil kejang bahkan koma.

4.     Kekurangan Gizi

Meminum air putih dapat memberikan efek kenyang sehingga membuat keinginan minum ASI maupun susu formula si kecil menjadi berkurang. Akibatnya, nutrisi yang diperlukan bayi menjadi tidak tercukupi dan berisiko menurunkan berat badannya.

Anda perlu memperhatikan asupan yang diberikan kepada bayi baru lahir. ASI merupakan makanan utama untuk si kecil. Jika tidak mampu memberikan ASI, air putih tidak dapat menjadi alternatif pilihan. Sebaiknya, Anda membeli susu formula di toko online perlengkapan bayi.

Meskipun harus mengeluarkan biaya lebih, ini jauh lebih aman daripada memberikan air putih. Selain itu, Anda dapat menggunakan promo Dancow untuk mendapatkan harga yang lebih bersahabat.