Isi Saldo dengan Google Play Gift Card dan Rasakan Manfaatnya

Google Play merupakan layanan yang mendistribusikan hal-hal berbentuk digital yang dikembangkan dan dioperasikan oleh Google. Sebelumnya, layanan ini bernama Android Market, karena memang digunakan sebagai layanan para pengguna OS Android. Sampai sekarang pun, pemakai perangkat Android harus ke Google Play Store jika ingin membeli produk-produk digital. Beberapa produk seperti aplikasi, memang biasanya dapat diunduh secara gratis. Namun, ada juga produk berbayar yang hanya bisa dibeli jika kamu punya saldo Google Play. Untuk mengisi atau redeem saldo, salah satu caranya adalah menggunakan Google Play Gift Card.

Cara Mengisi Saldo dengan Google Play Gift Card

Di Indonesia sendiri, Kini cukup mudah untuk mendapatkan Google Play Gift Card. Kamu hanya perlu ke toko swalayan terdekat dan membeli kartu dengan nominal yang kamu inginkan. Biasanya ada beberapa nominal yang ditawarkan, yaitu dari 20k, 50k, 100k, 150k, 300k, hingga 500k. Awal-awal kartu voucher ini diluncurkan di Indonesia, nominal yang ditawarkan hanya 150k, 300, dan 500k. Namun, karena nominal itu terlalu besar, sedikit sekali yang tertarik membeli kartu. Hingga akhirnya dibuatlah kartu dengan nilai lebih kecil dan terjangkau untuk semua orang, yaitu 20k dan 50k.

Akan tetapi, perhatikan juga bahwa isi dalam kartu belum termasuk PPN dan keuntungan penjual, sehingga biasanya kartu akan dijual lebih mahal daripada isinya. Misal, kamu membeli kartu senilai 20k, maka penjual bisa menjual dengan harga sekitar 22k sampai 30k. Jika ingin tahu perbandingan harga tiap penjual, kamu dapat membeli Google Play Gift Card di marketplace tertentu.

Setelah membeli kartu voucher, silakan membuka playstore lewat ponsel maupun browser. Pada bagian kiri layar, pilih menu redeem dan masukkan nomer kode dari voucher yang sudah dibeli. Apabila kamu membuka lewat ponsel, klik tanda garis tiga di bagian ujung kiri atas, pilih redeem dan silakan isi kode. Jika sudah selesai, kamu dapat mengecek perubahan saldo Google Play milikmu di menu My Account, dan pilih Payment Methods atau Metode pembayaran.

Manfaat Pembelian Google Play Gift Card

Manfaat utama ketika membeli kartu voucher Google, tentunya untuk menambah saldo Google Play kamu. Ketika saldo sudah penuh, kamu dapat menikmati berbagai layanan digital yang menjadi produk Google maupun yang bekerja sama dengan Google. Beberapa produk tersebut antara lain adalah:

  1. Gim beserta pembelian di dalamnya

Salah satu yang paling dicari di Play Store tentu adalah permainan digital. Banyak permainan menarik yang dapat kamu unduh secara gratis maupun berbayar. Meskipun kamu mengunduh secara percuma, tetapi biasanya item-item di dalam gim memerlukan pembayaran melalui Google Play. Terlebih jika kamu gamer pro yang tidak bisa hanya mengandalkan gratisan dari event atau giveaway yang tidak jelas kapan diadakan.

  1. Aplikasi

Selain gim yang luar biasa melimpah, layanan Google Play juga menyediakan aplikasi-aplikasi menarik yang dapat kamu coba. Aplikasi tersebut meliputi aplikasi chatting, social media, kreatifitas, media belajar, hiburan, dan masih banyak lagi. Bahkan, aplikasi-aplikasi yang dapat meningkatkan produktifitasmu dan membantu dalam bekerja pun dapat kamu unduh secara percuma. Kamu dapat memaksimalkan penggunaan aplikasi tersebut dengan pembelian.

  1. Majalah

Google Play juga menyediakan majalah digital, di mana kamu dapat berlangganan dan memperoleh informasi terkini dari majalah yang kamu ikuti.

Selain dari layanan tersebut, kamu juga dapat menikmati layanan seperti musik, film, maupun buku. Oleh sebab itulah, pengisian saldo dengan Google Play Gift Card sangat berguna bagi pengguna Android.