Ibu Harus Tau, Berikut 5 Pantangan Makanan Untuk Mengurangi Ruam Popok Si Kecil

Pemakaian popok dalam jangka waktu yang lama dapat membuat kulit bayi sering kali mengalami iritasi. Terkadang, orang tua kerap kali kebingungan memilih popok berkualitas yang aman bagi buah hati mereka.

Popok sekali pakai sering dibuat dengan menggunakan bahan material berbahaya yang dapat meningkatkan risiko munculnya ruam pada kulit si kecil. Namun menurut penelitian para ahli, ruam juga dapat muncul akibat konsumsi tertentu.

Ruam karena popok dapat muncul pada bayi setelah mengonsumsi makanan yang memiliki rasa asam. Untuk mengetahui apa saja makanan asam yang dapat memicu munculnya ruam, berikut penjelasan agar anda lebih mengetahui cara mengurangi ruam popok dengan membatasi konsumsi makanan asam.

Makanan Pemicu Munculnya Ruam Beserta Penangananya

  1. Tomat

Menurut penelitian pakar kesehatan, tomat merupakan salah satu jenis buah asam yang sebaiknya tidak diberikan secara berlebihan kepada anak. Buah tomat memang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, namun jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan berefek negatif.

Pemberian buah tomat yang berlebihan dapat menimbulkan rasa gatal dan peradangan kulit bayi, sehingga berpotensi besar memunculkan ruam pada anak. Kandungan asam pada buah tomat juga dapat membuat perut si kecil terasa sakit.

Tak hanya si kecil, ibu pun perlu membatasi konsumsi buah tomat secara berlebihan. Jika ruam sudah terlanjur tumbuh, anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada area yang terkena ruam secara teratur.

  1. Buah Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C. Sama seperti buah tomat, jeruk juga digolongkan buah yang memiliki rasa asam. Hindari konsumsi jeruk untuk mengurangi ruam popok bayi.

Jika si kecil mengonsumsi buah jeruk, ia akan menghasilkan feses asam yang dapat bereaksi dengan kulitnya yang sensitif. Untuk itu, usahakan kurangi pemberian makanan atau minuman yang memiliki kandungan jeruk asam.

  1. Berbagai Jenis Buah Berry

Meski buah berry kaya akan manfaat, anda juga perlu membatasi pemberiannya kepada si kecil. Stroberi, raspberry, dan blueberry merupakan golongan jenis buah berry yang memiliki rasa enak.

Meski rasanya enak, buah berry dapat mengubah kondisi feses menjadi asam. Kandungan asam dalam feses akan terjebak di kulit bayi yang tertutup dengan popok. Hal ini akan menimbulkan reaksi alergi sehingga berpotensi memunculkan ruam.

Untuk itu, anda perlu membatasi pemberian buah berry yang kaya manfaat ini kepada si kecil. Jika ruam popok sudah muncul, anda bisa mengoleskan cuka apel pada area ruam. Cuka apel memiliki fungsi membunuh bakteri, sehingga dapat mengurangi ruam popok bayi.

Pada intinya, bayi terkena ruam popok dikarenakan sistem pencernaannya belum mampu mencerna makanan dengan sempurna. Kotoran yang dikeluarkannya pun juga berisiko membuat kulit sensitifnya alergi. Untuk itu, perhatikan pemberian makanan bayi dan jangan lupa untuk memilih popok berkualitas seperti Merries.

Itu tadi info mengenai cara mengurangi ruam popok pada bayi, untuk info lebih detail anda dapat mengunjungi link berikut ini https://merries.co.id/community-parenting/kesehatan/jangan-panik-ikuti-langkah-ini-untuk-mengurangi-ruam-popok-parah

Semoga bermanfaat 😊