Fungsi Zat Besi Yang Penting Dalam Masa Pertumbuhan Anak

Zat besi merupakan salah satu jenis zat yang penting bagi tubuh. Tanpa disadari, zat tersebut sangat penting dibutuhkan oleh tubuh. Terutama pada masa pertumbuhan yang terjadi pada anak – anak dan juga bayi. Dimana pada masa tersebut, memberikan asupan dengan takaran zat besi yang cukup sangat dianjurkan. Makanan yang mengandung zat besi untuk anak yang banyak diberikan adalah melalui susu.

Susu merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan zat besi. Dimana susu mengandung ragam mineral dan salah satunya adalah zat besi. Susu formula yang diberikan kepada anak, mengandung zat besi yang cukup didalamnya. Sehingga memberikan susu kepada anak dalam masa pertumbuhannya sangat disarankan. Sebab, susu merupakan makanan yang mengandung zat besi untuk anak.

Makanan yang mengandung zat besi untuk anak akan menjadikan anak tumbuh sehat. Sebab zat besi berfungsi sebagai salah satu imunitas tubuh. Zat besi mampu berperan dalam pembentukan neutrophil. Dimana zat tersebut merupakan salah satu zat antibodi dalam tubuh. Sehingga penting bagi orang tua memastikan anaknya untuk mengkonsumsi susu dalam memenuhi kebutuhan zat besi.

Makanan yang mengandung zat besi untuk anak juga akan berperan sebagai pembentukan sel darah merah. Dimana hemoglobin merupakan salah satu bagian dari eritrosit. Kegunaan sel darah merah sendiri dalam tubuh adalah sebagai salah  satu komponen yang mendistribusikan nutrisi dan oksigen ke dalam tubuh. Sehingga penting bagi anak untuk mengkonsumsi zat besi yang cukup selama masa pertumbuhannya agar pasokan nutrisi dalam tubuhnya terpenuhi. Bila nutrisi makanan dalam tubuh terdistribusi dengan baik maka anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik juga.

Makanan yang mengandung zat besi untuk anak seperti susu akan membuat anak memiliki kemampuan motorik dan intelegensi yang baik. Sebab penyebaran nutrisi dalam tubuh berjalan dengan baik. Sehingga seluruh proses metabolisme berjalan dengan baik. Hal ini menyebabkan proses pertumbuhan dan perkembangan anak akan berjalan dengan maksimal. Anak akan tumbuh dengan sehat dan cepat dengan konsumsi zat besi yang cukup tersebut.

Makanan yang mengandung zat besi untuk anak yang cukup terletak pada susu. Dimana susu selain sebagai zat nutrisi bagi tubuh anak juga dapat mencegah penyakit anemia pada bayi. Anemia merupakan penyakit kekurangan darah yang kerap terjadi pada bayi yang kekurangan nutrisi. Penyakit ini akan membuat bayi berbadan lemas dan terhambat pertumbuhannya karena pasokan oksigen dan nutrisi dalam tubuh bayi terhambat. Sehingga penting bagi bayi untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi.

Makanan yang mengandung zat besi untuk anak mudah ditemukan. Pemberian susu formula sebagai salah satu nutrisi pendukung disamping konsumsi ASI dapat dilakukan untuk kesehatan bayi.