Ciri Anak Tidak Cocok Susu Formula Yang Wajib Diketahui

Untuk menunjang pertumbuhan tulang maupun gigi pada masa anak-anak hingga remaja, maka mereka membutuhkan kalsium. Kalsium susu. Dimana pada saat usia 0-12 bulan, nutrisi kalsium dapat diperoleh dari ASI. Tetapi setelah usia 1 tahun, banyak para orang tua yang memberikan susu formula sebagai sumber kalsium yang terbaik.

Selama ini, susu formula ternyata sudah banyak dipilih oleh para moms bukan hanya sebagai sumber nutrisi cadangan, tetapi juga dapat menggantikan ASI apabila ada permasalahan tertentu. Walaupun demikian, terdapat pula kasus dimana si kecil justru tidak cocok untuk mengkonsumsi susu formula tersebut.

Ciri Anak Tidak Cocok Susu Formula

Anak-anak yang mengalami alergi pada susu formula tersebut biasanya akan menunjukkan sejumlah gejala yang berbeda-beda. Ketidakcocokan mengkonsumsi jenis susu yang satu ini bisa saja disebabkan karena adanya alergi terhadap susu formula. Banyak yang menyebut juga si kecil mengalami intoleransi laktosa dimana bayi akan kesulitan untuk mencerna laksota yang terdapat didalamnya.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini beberapa ciri anak mengalami ketidakcocokan dengan susu formula.

  1. Munculnya ruam merah pada kulit si kecil. Ruam tersebut bisa muncul di bagian tubuh manapun. Selain itu, kemunculannya disertai dengan rasa gatal sehingga anak anda akan mencoba untuk melakukan gerakan menggaruk.
  2. Anak tiba-tiba mengalami pilek. Ini adalah sebagai bentuk reaksi alergi yang dialami oleh si kecil.
  3. Adanya pembengkakan pada bagian bibir, wajah maupun area sekitar mata.
  4. Si kecil akan mengalami sakit perut biasanya juga dapat menyebabkan diare hingga BAB disertai dengan darah.
  5. Sering mengalami muntah dan mereka akan lebih rewel dibandingkan dengan sebelumnya.

Bukan hanya gejala diatas saja, anak yang mengalami ketidakcocokan dengan susu formula ternyata juga dapat memicu timbulnya gangguan pernapasan seperti batuk, sesak napas hingga gejala alergi lainnya yang lebih parah yakni anafilaksis.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Tersebut?

Jika ternyata bayi anda sudah menunjukkan beberapa gejala yang ada diatas, maka terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya agar tidak parah.

  1. Konsultasi pada dokter anak

Hal utama yang dapat anda lakukan adalah melakukan konsultasi dengan dokter anak. Dengan berkonsultasi dengan dokter inilah, maka anda dapat mengetahui produk susu formula seperti apakah yang cocok untuk mereka.

  1. Memberikan produk susu yang lain

Apabila ternyata anak mengalami intoleransi terhadap susu sapi, maka ibu dapat memberikan susu formula dimana terbuat dari bahan kedelai. Seperti yang sudah kita ketahui, susu soya atau kedelai tidak akan memberikan dampak kepada si kecil.

Demikian beberapa gejala si kecil tidak cocok untuk mengkonsumsi susu formula yang wajib diketahui oleh para orang tua. Memaksakan anak buat mengkonsumsi susu formula ini justru dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada mereka.