Cara Mengatasi agar Tubuh Anak Tak Kurus

Mengapa Anak Memiliki Tubuh yang Kurus?

Anak merupakan kebanggan orang tuanya. Orang tua tentu akan melakukan apa saja demi sang buah hati. Terlebih lagi bagi anak yang masih kecil, masih lucu-lucunya. Mulai dari jajan, mainan, makanan, semuanya diperhatikan demi kesenangan sang anak.

Meskipun kebutuhannya bisa dikatakan cukup terpenuhi, masih ada beberapa anak yang memiliki tubuh yang kurus. Entah itu faktor genetik, penyakit, atau asupan makanannya yang kurang. Namun, kebanyakan dipengaruhi oleh asupan makanan yang kurang karena anak sulit untuk diberi makan.  Jika berasal dari faktor genetik, maka itu akan cukup sulit untuk diubah. Namun, jika tidak ada faktor genetik akan membuat orang tua was-was.

Bagi orang tua yang memiliki anak dengan tubuh yang kurus tentu akan membuat risau, cemas, dan takut jika anaknya menderita penyakit. Untuk memastikannya, para orang tua dapat menggunakan rumus berat badan ideal anak yang ada di internet.

Bagi orang tua yang sedang mengalami hal ini jangan khawatir, banyak solusi yang bisa didapatkan untuk membuat tubuh anak tak terlalu kurus.

Membuat Anak yang Kurus menjadi Ideal

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan oleh para orang tua bagi anaknya yang memiliki tubuh kurus.

  • Perhatikan asupan makanan bagi anak

Bagi anak-anak, terutama yang berusia di bawah 5 tahun atau balita. Makanan merupakan faktor terpenting bagi tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, bagi para orang tua khususnya para Ibu, hendaklah memberikan asupan makanan yang bergizi. Berikan asupan makanan secara seimbang 4 sehat 5 sempurna.

Yang menjadi masalah adalah ketika anak sulit untuk diberi makan. Oleh karena itu para Ibu perlu menerapkan strategi agar anak lahap makannya. Diantaranya adalah dengan mengetahui makanan kesukaan sang buah hati, membuat kreasi makanan yang menggugah selera anak, mengajaknya bermain saat makan, dan masih banyak lagi. Jangan biarkan anak-anak kekurangan makanan.

Jika ingin tubuh anak tidak kurus, perbanyaklah asupan protein, lemak, dan karbohidrat. Perbanyak makanan yang mengandung kalori tinggi. Namun, tetap batasi jumlahnya agar anak tidak menjadi obesitas.

  • Berikan waktu istirahat yang cukup

Seperti yang kita ketahui, balita merupakan fase dimana anak sedang sangat aktif mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Seringkali sulit untuk mengajak anak istirahat.

Ajaklah anak untuk tidur siang 1 jam atau 2 jam, agar tubuh mereka tetap bugar. Anak balita memang belum bisa merasakan lelah yang berarti, oleh karena itu peran orang tua sangat penting untuk mengingatkan anak mereka.

  • Ajarkan anak untuk berolahraga secara teratur

Meskipun anak balita selalu aktif dalam bermain, senang berlari-lari, dan banyak berkeringat, para orang tua perlu untuk mengajak anaknya berolahraga. Supaya anak paham bagaimana olahraga yang benar, aman, dan maksimal. Dengan begitu, anak akan memiliki tubuh yang sehat dan kuat.

Simpulan

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat anak agar tubuhnya tak terlalu kurus. Perbaiki gizi anak Anda agar tumbuh kembangnya dapat berlangsung dengan baik.