Cara Membuat Tabungan Pensiun yang Paling Menguntungkan

Tabungan pensiun seringkali dilupakan padahal sangat penting untuk persiapan di hari tua. Maka dari itu penting untuk memahami berbagai cara memulai tabungan pensiun yang paling menguntungkan sejak dini sehingga bisa dipersiapkan dengan matang dan baik.

Tips Menabung Dana Pensiun

Banyak yang mempersiapkan dana pensiun dari tempatnya bekerja yang dipotong dari gaji atau dalam bentuk deposito. Ada juga yang menyimpan dana pensiun dalam bentuk investasi seperti obligasi, reksadana, saham, asuransi, atau warisan. Namun dalam mempersiapkan tabungan pensiun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak mengalami keuslitan finansial di kemudian hari.

  1. Siapkan cadangan dana pensiun

Bagi yang bekerja di perusahaan, biasanya sudah akan disiapkan dana pensiun oleh perusahaan. Dana pensiun ini bergantung pada jumlah gaji yang diterima per bulannya dan biasanya kurang dari 10%. Banyak yang sudah merasa aman dengan dana pensiun ini namun cara ini kurang efektif.

Biaya hidup yang selalu meningkat seiring bertambahnya usia membuat anda akan kesulitan memenuhi kebutuhan pada hari tua nanti jika hanya mengandalkan dana pensiun dari perusahaan. Maka dari itu anda perlu menyiapkan cadangan dana pensiun untuk menghindari risiko kesulitan finansial.

  1. Masukkan alokasi dana pensiun dalam pengeluaran bulanan

Banyak orang yang membuat catatan keuangan per bulan dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran. Sisanya kemudian akan ditabung sebagai dana pensiun untuk persiapan di hari tua. Namun sebaiknya anda memasukkan kategori tabungan pensiun sebagai pengeluaran bulanan sehingga dana yang dikeluarkan untuk dana pensiun akan selalu konsisten setiap bulannya. Jika masih ada sisa, bisa ditambahkan ke dalam tabungan pensiun.

  1. Jangan menggunakan dana pensiun untuk beli aset

Banyak yang berpikiran untuk membeli aset menggunakan dana pensiun agar bisa mendapatkan keuntungan. Investasi aset memang bisa memberikan keuntungan namun anda harus bijak dalam memilih aset yang tepat. Bisa saja kesalahan dalam mengatur dana pensiun untuk membeli aset maka malah membuat anda mengalami kerugian. Jadi ada baiknya untuk menggunakan dana khusus di luar dana pensiun untuk membeli aset.

  1. Persiapkan dana lain selain dana pensiun

Terdapat banyak jenis tabungan yang bisa dipersiapkan untuk hari tua selain dana pensiun. Banyak orang yang hanya membagi dananya menjadi dana pensiun dan juga dana kebutuhan sehari-hari. cara ini kurang efektif sehingga anda harus membagi dana menjadi beberapa kategori sehingga anda tidak menggunakan dana pensiun untuk kepentingan lain.

Dengan tabungan pensiun yang cukup dan sudah disiapkan sejak dini, masa-masa pensiun akan menjadi lebih tenang dan damai. Harapan hidupn dan cakupan pensiun juga akan meningkat karena dana pensiun yang sudah dipersiapkan dengan matang untuk menutupi biaya hidup sehingga memiliki lebih banyak untuk dinikmati. Generali siap untuk membantu anda dalam merencanakan masa tua sehingga lebih mapan dengan tabungan pensiun yang paling menguntungkan di https://www.generali.co.id/id/pensiun.