Bunda, Inilah  Perkembangan Anak 2 Tahun dari Segi Motorik dan Kognitif

Perkembangan anak 2 tahun sangatlah akan membuat bunda senang bukan kepalang. Perkembangan baik dari sisi kognitif dan sisi motorik sudah bisa dilihat dengan jelas. Walaupun secara otomatis, bunda akan dibuat kerja ekstra karena si kecil akan terus aktif dan bertambah aktif setiap harinya. Sebelum bunda mengetahui apa saja bentuk perkembangan si kecil, bunda juga harus menyiapkan mental dan rohaninya agar bunda bisa mengasuh si kecil dengan baik. Tetap sabar dan jangan mengeluh capek supaya perkembangan si kecil semakin sempurna.

Perkembangan Anak Usia 2 Tahun dari Segi Motorik

Perkembangan anak yang seringkali tampak pada usia 2 tahun adalah anak yang senang berlari ke sana kemari. Sebelumnya, anak baru mulai berjalan seimbang. Setelah usianya bertambah, anak mulai belajar berlari. Melihat itu, pastinya bunda akan merasa senang karena si kecil tampak begitu aktif. Ia sangat suka berkeliling seisi rumah. Ya, walaupun sembari berlari, ia kadang juga membuat isi rumah berantakan. Tetapi, jangan jadikan itu sebagai masalah besar bunda. Ketika bunda memiliki waktu luang, mungkin bunda bisa mengajaknya ke taman. Pastilah si kecil akan senang karena bisa berlarian di tempat yang luas. Itu bisa menjadi salah satu bentuk dukungan bunds terhadap perkembangan si kecil.

Perkembangan anak 2 tahun yang kadang tak disadari oleh bunda adalah ia mulai sangat suka berjalan di tangga. Apabila si kecil melihat tangga, mereka akan antusias dan meminta bunda untuk menemaninya berjalan. Bahkan, ketika ia sudah mulai terbiasa, ia juga akan mencoba melakukannya sendiri dan berulang kali. Kadang, bunda yang melihat sampai capek sendiri. Hal yang mesti bunda lakukan adalah bukan memarahinya. Melainkan, menemaninya naik turun tangga dengan mengandeng tangannya. Tetapi apabila si kecil sudah mulai bisa, tak ada salahnya bunda hanya mengamatinya agar si kecil tidak terjatuh.

Selanjutnya, perkembangan dari sisi motorik yang dapat dilihat adalah anak usia 2 tahun senang sekali melompat. Ia sangat suka melompat lompat di mana saja, mulai dari lantai sampai kasur di rumah juga jadi sasarannya. Bunda, meski dengan melompat kasur atau sofa menjadi tampak tak teratur, bunda tak boleh memarahinya. Agar perkembangan si anak semakin baik, bunda bisa mengajaknya untuk bermain di taman kota. Biasanya, di taman ada sebuah permainan khusus yang digunakan untuk anak melompat lompat. Meski tidak setiap hari, tetapi permainan seperti itu bisa menstimulasi anak untuk melakukannya lebih baik lagi.

Perkembangan Anak 2 Tahun dari Segi Kognitif

Tidak hanya perkembangan motoriknya saja yang semakin baik, anak usia 2 tahun juga mulai berkembang kemampuan kognitifnya. Ia sudah mulai bisa menyebut 1 sampai 3 kata. Misalnya, ketika ia melihat bola, maka ia akan mengucapkan kata bola. Meski belum jelas betul pengucapannya, tetapi itu sebuah pertanda bahwa otaknya sudah mulai berkembang. Si anak juga sudah mulai bisa menyebutkan nama bagian tubuhnya, misal mata, mulut atau hidung. Agar pengucapannya semakin jelas, bunda bisa terus mengajarinya setiap hari.

Kemampuan lain yang bisa dilakukannya adalah anak mulai suka mencorat coret kertas. Ia sangat antusias saat melihat pensil dan kertas. Meski ia belum bisa memegang pensil dengan sempurna dan coretannya juga belum terbentuk, tetapi bunda tak usah memaksanya. Lebih baik bunda biarkan saja dan sesekali memberikan arahan dan bukan memaksa anak kecil untuk bisa. Agar perkembangan motorik dan kognitifnya semakin sempurna, bunda bisa memberikan nutrisi yang sehat, salah satunya susu. Susu yang berkualitas yaitu susu dari produk bebeclub. Bunda bisa memilih susu bebeclub yang sesuai umurnya. Berikan stimulasi dan susu secara rutin, maka bunda bisa melihat perkembangan anak 2 tahun lebih banyak lagi.