7 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Tidak ada yang lebih penting dan mahal dari apa saja di dunia ini selain kesehatan. Harta yang banyak tentu akan sia – sia jika tiba – tiba kita menderita sakit parah kemudian tidak bisa menikmati kekayaan sampai dengan bisa jadi harta akan habis hanya untuk pengobatan saja.

Meskipun kita sudah banyak melakukan usaha pencegahan seperti olahraga rutin, kemudian rajin olahraga yang namanya sakit ini adalah sebuah misteri. Maka tindakan preventif lebih dalam bisa anda siapkan dengan cara membeli asuransi kesehatan untuk keluarga kesayangan anda.

Asuransi kesehatan ini menjadi sangat penting sekali, dimana ketika anda sakit nanti dari sisi ekonomi sangatlah terbantu simplenya dari sisi pengobatan. Namun dalam hal memilih asuransi terbaik anda juga jangan lengah. Kami akan mencoba sedikit share tips sederhana kepada anda.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

  • cermati dengan baik tawaran dari sisi rawat inap pada polis asuransi

Banyak orang tidak teliti ketika membaca polis asuransi. Dalam hal ini khususnya dari sisi rawat inap kami sarankan anda mengedepankan dalam hal perhatian kepada pasien atau anda sebagai pembeli asuransi.

Banyak juga asuransi yang hanya bisa menangung dari sisi rawat jalan saja. Meskipun dari rawat inap ada misalkan, maka pastikan dengan jelas anda akan ditanggung dengan fasilitas kamar seperti apa, apakah kelas ekonomi atau VVIP misalkan harus jelas semuanya.

Utamakan perusahaan asuransi yang berani menjamin biaya penuh terhadap rawat inap dengan kelas terbaik.

  • Perhatikan list penyakit apa saja yang masuk dalam cover asuransi anda

Ini menjadi sangat penting, salah dalam memahami dan tidak teliti bisa jadi membuat anda rugi. Tanyakan jenis penyakit apa saja yang bisa di cover dengan biaya premi bulanan yang akan anda bayar.

Jika dirasa masih kurang banyak makan biasanya ada solusi dari sisi premi akan dinaikkan. Saran kami jangan tanggung sebisa mungkin pilih asuransi yang memberikan layanan cover penyakit lebih banyak termasuk penyakit berat seperti jantung misalkan.

  • Pilih asuransi yang memberikan layanan rumah sakit dengan jangkauan yang luas

Anda tinggal di Jakarta misalkan, kemudian anda memiliki orang tua yang tinggal di salah satu kota di Jawa tengah. Di kota orang tua anda ini, apakah pihak asuransi memiliki rumah sakit yang berafiliasi dengan mereka ?

Singkatnya dalam point ini, semakin banyak jangkauan rumah sakit yang bisa anda gunakan dalam mengklaim polis asuransi maka semakin bagus dan sebaliknya.

  • Pilih perusahaan asuransi yang fleksibel

Ini menjadi sangat penting, biasanya perusahaan asuransi tidak akan menawarkan anda satu jenis asuransi saja. Bias asuransi kesehatan, kemudian asuransi penyakit kritis, sampai dengan asuransi pendidikan dan jiwa.

Pilih yang bisa memudahkan anda dalam hal pembayaran premi. Intinya anda mau menggunakan asuransi lain maka di perusahaan tersebut sudah tersedia sehingga manajemen keuangan anda dalam pembayaran premi dan klaim nanti akan semakin mudah.

  • Kalau ada pilih asuransi yang tanpa sistem limit

Perlu anda ketahui lebih dalam, dalam proses klaim sendiri anda bisa jadi akan menemukan dua persoalan baru yang harus anda pahami.

Yang pertama adalah ada namanya limit pertanggungan, kemudian yang kedua ada namanya limit gabungan. Perusahaan asuransi yang menerapkan kedua sistem ini tidak akan bisa anda mendapatkan service yang maksimal.

Misalkan jika perusahaan asuransi ingin mengganti kerugian dan jumlah yang anda laporkan sangat banyak maka bisa jadi memenuhi batas limit, maka yang akan dibayarkan adalah sesuai dengan batas tadi.

Contoh lain dalam asuransi kesehatan ketika anda di rawat inap selama 2 bulan misalkan sedangkan pada polis sudah tertera limit yang bisa dibayarkan hanya 3 minggu saja maka sisanya bayaran tadi mutlak menjadi tanggungan anda sendiri.

  • Masa aktif polis dan klaim paling gampang

Dalam hal ini, perusahaan asuransi yang abal – abal akan memberikan anda kesulitan dalam hal klaim polis. Bisa jadi anda klaim hari ini maka akan keluar satu bulan kemudian saran kami, tanyakan dengan jelas dan baik masalah ini.

Anda sebaiknya memilih asuransi yang dari sisi klaim polis paling cepat. Sama saja dengan masalah klaim juga karena keduanya sangat berhubungan.

  • Menyediakan fasilitas cashless

Ini sangat penting anda masukan dalam list pemilihan asuransi terbaik. Dalam sebuah kasus anda tiba tiba masuk rumah sakit, dan kondisi keuangan lagi seret, ingin menggunakan asuransi anda maka tidak akan mungkin kalau tidak ada fasilitas cashless ini.

Singkatnya adalah jika ada perusahaan asuransi menyediakan fasilitas non tunai ini kami rekomendasikan anda menggunakannya selain mempertimbangkan point lainya. Kelebihannya sudah jelas anda bisa di rawat tanpa harus melakukan pembayaran di depan pada rumah sakit karena sudah dibantu oleh fasilitas cashless dari asuransi yang anda gunakan.

Sampai di sini, kami rasa anda sudah bisa mencari dan menemukan banyak referensi untuk memilih perusahaan asuransi terbaik bagi keluarga anda.