7 Keuntungan Mengajukan Kredit Mobil Bekas

Mobil merupakan salah satu aset mewah dan mahal sehingga diperlukan biaya yang tidak bisa dibilang sedikit sehingga banyak yang mengurungkan niat untuk membeli mobil baru. Namun terdapat alternatif bagi yang ingin membeli mobil yaitu dengan mengajukan kredit mobil bekas karena telah banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan dampak baik yang cukup signifikan terhadap minat masyarakat dalam melakukan kredit mobil bekas.

Keunggulan Kredit Mobil Bekas

Bekas bukan berarti bahwa barang yang dibeli sudah tidak berkualitas lagi apalagi mobil bekas. Saat ini banyak mobil bekas yang dijual dengan kondisi yang seperti baru namun memiliki harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan harga mobil baru. Mobil bekas juga bisa dibeli secara kredit sehingga banyak yang lebih tertarik membeli mobil bekas secara kredit.

  1. Uang muka lebih ringan

Salah satu keuntungan yang bisa anda pertimbangkan untuk membeli mobil bekas adalah mobil bekas mengharuskan pembayaran uang muka yang lebih ringan dibandingkan dengan mobil baru. Berdasarkan peraturan Bank Indonesia, uang muka untuk kendaraan bermotor minimal 25% hingga 35% dari harga mobil tersebut.

  1. Proses mudah dan cepat

Proses kredit mobil bekas lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan mobil baru terutama apabila anda mengajukan kredit mobil bekas di Garasi.id. Hal tersebut dapat dilihat dari proses administrasinya. Anda juga bisa langsung membawa pulang mobil setelah semua proses yang dibutuhkan telah selesai termasuk penyerahan berkas-berkas penting, berbeda dengan mobil baru yang harus menunggu hingga berminggu-minggu hingga sampai ke tangan pemilik.

  1. Cicilan lebih ringan

Cicilan mobil bekas jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan cicilan mobil baru. Hal ini karena harga mobil bekas lebih murah dibandingkan dengan harga mobil baru sehingga otomatis harga cicilan yang anda tanggung setiap bulannya juga lebih ringan sehingga lebih meringankan beban keuangan daripada membeli mobil baru.

  1. Suku bunga lebih ringan

Setiap pembelian suatu produk secara kredit akan selalu dikenakan beban bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya bersamaan dengan cicilan produk. Sama halnya seperti mobil, bunga harus dibayar oleh pembeli. Dikarenakan harga mobil bekas yang lebih murah membuat tingkat suku bunganya juga akan lebih ringan dibandingkan dengan mobil baru sehingga bisa meringankan beban pengeluaran setiap bulannya.

  1. Kredit mobil bekas bisa dijadikan perputaran modal

Agar tidak mengalami kerugian atau bisa menutupi beban cicilan yang dikeluarkan, banyak orang yang memanfaatkan mobil bekas tersebut untuk membuka usaha seperti menyewakannya atau menjadikannya sebagai taksi online yang saat ini sedang ramai dan memiliki peluang usaha yang menjanjikan.

Hasil usaha menggunakan mobil tersebut diharapkan dapat menutup kredit yang sedang berjalan sehingga dapat meringankan beban pengeluaran. Tidak hanya itu saja, untuk menghindari kerugian dari kredit mobil bekas tersebut anda harus selektif dimana anda harus memilih mobil dengan kondisi mesin yang masih bagus dan memiliki performa yang baik. Jangan sampai mobil rusak atau butuh perbaikan padahal baru digunakan beberapa bulan setelah pembelian.

Mengajukan Kredit Mobil Bekas

  1. Memberikan keringanan biaya

Pembayaran secara kredit bukan hanya dapat dilakukan ketika membeli mobil baru namun juga ketika membeli mobil bekas. Terdapat kesan bahwa pembayaran dengan cicilan akan lebih ringan dibandingkan membayar langsung secara tunai. Walaupun harga total cicilan yang dibayarkan masih tetap terhitung mahal namun pengeluaran bulanan dapat ditekan karena cicilan. Namun hal tersebut memang bergantung pada masing-masing individu.

  1. Mobil bisa dibawa pulang

Meskipun cicilan mobil bekas belum lunas semuanya, anda tetap bisa langsung membawa pulang mobil bekas dan menggunakannya pada saat itu juga. Anda hanya perlu melakukan balik nama dan juga pengecekan dokumen-dokumen penting lainnya untuk memudahkan pengurusan pajak. Jadi anda bisa menggunakan mobil bekas tersebut sambil membayar cicilan setiap bulannya.

Tidak ada salahnya untuk membeli mobil bekas apalagi membutuhkan mobil namun hanya memiliki dana yang terbatas. Apalagi sudah bisa dibeli dengan pembayaran secara cicilan setiap bulannya sehingga tidak harus mengeluarkan biaya yang besar di awal pembelian. Namun tetap harus memperhatikan tingkat suku bunga yang dikenakan dan kemampuan membayar cicilan setiap bulannya agar tidak terjadi macet kredit apabila anda memutuskan untuk kredit mobil bekas.