5 Langkah untuk Menciptakan Desain Brosur Makanan yang Profesional

Pada umumnya bisnis kuliner meliputi banyak aspek indra yang harus diserap pada brosur yang hendak Anda desain. Untuk menghindari terjadinya kerugian sebaiknya dalam menciptakan desain brosur harus dikerjakan secara profesional. Inilah 5 langkah untuk menciptakan desain brosur makanan yang profesional.

  1. Survey Desain Brosur Kuliner

Salah satu langkah yang perlu ditempuh untuk menciptakan brosur yang profesional adalah dengan melakukan survey kepada target pemasaran Anda nantinya. Konsep utama survei adalah fokus terhadap pelanggan.

Tujuan selanjutnya adalah bahwa desainer tidak dihadapkan pada ide-ide dasar dari asumsi bahwa desain brosur harus ini dan itu, melainkan bagaimana desain brosur menunjukkan kepada konsumen dari makanan ini bahwa mereka dapat merasakan makanan dengan cara A dan rasa B.

Survey sebagai media memperhitungkan kenyataan yang ada ini diperlukan agar desain sesuai dengan keinginan konsumen, istilahnya “what you see what you get”, bahwa anggapan dan keinginan pembaca dari hasil survey terwujud dalam desain brosur dan mampu Anda eksekusi.

  1. Mengunjungi Restoran/Warung Makanan

Langkah terbaik untuk menciptakan desain brosur profesional adalah dengan merasakan pengalaman konsumen pada beragam bisnis kuliner, yakni dengan berkunjung ke beberapa resto/warung makanan yang sejenis dengan produk yang hendak kamu olah, agar kamu dapat merasakan kemudian memperkirakan suasana bisnis, dan pelayanannya.

Hampir rata-rata resto/warung makanan mempunyai list brosur sebagai bahan promosi maupun info makanan yang dijualnya, dari pengalaman ini Anda dapat merangkum kelebihan dan kekurangan masing-masing tempat kemudian Anda dapat pertimbangkan kedua hal tersebut untuk menciptakan desain brosur mengenai bisnis Anda.

  1. Diskusi dengan Pelaku Industri

Perencanaan yang matang adalah hal yang perlu dilakukan sebelum Anda menjalankan sebuah bisnis. Perencanaan ini meliputi beragam aspek yang terkait dengan jalannya bisnis. Mulai modal, hingga strategi pemasaran dari produksi bisnis Anda.

Diskusi dengan pelaku industri terkait bisnis yang hendak Anda jalankan diperlukan sebagai cara untuk menambah wawasan Anda, bagaimana makanan dikelola dan mekanisme penyajian yang terbaik, dengan pengetahuan ini Anda akan menjadi memiliki gambaran umum dan lebih mudah untuk mendesain brosur, karena pengalaman mereka berharga sesuai dengan fakta yang ada.

Brosur yang Anda olah nantinya akan terlihat lebih sesuai dengan benak konsumen karena brosur tersebut berdasarkan fakta dari gambaran yang sudah Anda dapat. Tentunya masalah dan yang mungkin muncul dipikiran Anda dapat dibantu dipecahkan oleh pelaku industri.

  1. Susun Elemen Desain dengan Baik

Jika layout merupakan perangkat gambar keseluruhan elemen desain, maka penyusunan elemen desain seperti foto, garis, font, vector, spasi harus dipadukan dengan apik agar desain menyatu secara keseluruhan.

Tips untuk menyusun elemen desain adalah dengan menentukan titik kontras. Titik kontras dapat berupa font yang kuat berbanding lemah, warna yang tajam berbanding warna kalem, susunan gambar yang didahulukan ketimbang gambar pendukung.

Perhatian titik kontras akan membuat personifikasi pada desain untuk mendahulukan mana dan memundurkan yang mana sehingga satu sama lain tidak kejar-kejaran.

  1. Gunakan Layout dan Font yang Sesuai

Layout merupakan perangkat akhir pada suatu desain, pemilihan layout yang buruk akan merusak keseluruhan bentuk desain. Pilihlah picture window layout untuk menunjukan keseluruhan image makanan & gunakan font-font menarik untuk menunjukan profesionalitas cara buatnya.

Khusus brosur makanan pilihlah jenis-jenis font serif seperti futura untuk body text, atau gunakan font neue maupun helvetica untuk menunjukan karakter pedas/kuat pada jenis makanan tertentu, gunakan font kait untuk makanan-makanan yang cenderung manis. Sesuaikan jenis font dengan produk makanan yang Anda jual.

Nah, itulah 5 langkah yang patut dijalankan jika Anda menginginkan sebuah desain brosur makanan yang profesional. Melalui fastwork.id kini Anda dapat mewujudkan brosur yang Anda inginkan melalui jasa desain pilihan terbaik. Brosur yang menarik terbukti mampu meningkatkan penjualan.