5 Keuntungan Pinjaman Cepat Online yang Tak Ada di Pinjaman Konvensional

Kebutuhan mendadak seringkali membuat kita kelabakan. Apalagi, jika dana dibutuhkan secepatnya padahal tanggal gajian masih lama. Dompet sudah kosong, tabungan sudah menipis, sementara kebutuhan tidak bisa ditunda. Untungnya sekarang sudah banyak lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pinjaman dana baik dengan agunan atau tidak. Di Indonesia, berbagai macam jasa penyedia pinjaman bisa dimanfaatkan calon nasabah untuk memberikan bantuan dana sesuai kebutuhan. Beberapa lembaga pemberi pinjaman yang kita kenal adalah Bank, multifinance, dan yang akhir-akhir ini sedang menjamur, Fintech.

Masing-masing lembaga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan dapat dipilih sesuai kriteria kebutuhan kita. Lalu, jika kita sedang membutuhkan pinjaman cepat dalam waktu singkat, lembaga mana yang paling tepat? Fintech bisa jadi solusinya, karena bisnisnya yang berbasis teknologi meningkatkan kepraktisan dalam tiap langkah prosedurnya. Kemudahan apa saja yang ditawarkan pinjaman online, yang tidak ada di pinjaman konvensional?

  1. Hemat Waktu dan Biaya

Jika dulu kita harus mendatangi Bank atau kantor multifinance untuk mengajukan pinjaman, saat ini dengan kekuatan teknologi, proses pengajuan pinjaman bisa selesai dalam waktu singkat melalui aplikasi pinjaman online. Tinggal unduh aplikasinya di handphone mu atau buka situsnya, registrasi akun dan mengisi formulir secara online. Selain itu, syarat dan ketentuan yang berlaku sudah terpampang jelas di situs mereka, berikut dengan kontak nomor telepon dan alamat email yang dapat dihubungi jika masih ada yang ingin kamu tanyakan lebih lanjut. Bayangkan berapa banyak biaya transportasi yang harus kamu keluarkan jika harus bolak-balik mengurus persyaratan peminjaman secara konvensional.

  1. Persyaratan Lebih Mudah

Berbeda dengan kredit dari multifinance yang biasanya membutuhkan jaminan aset berupa kendaraan atau sertifikat properti, salah satu keunggulan pinjaman online yang utama adalah tidak adanya agunan yang diminta. Meskipun Bank juga memiliki produk kredit tanpa agunan, umumnya syarat yang dikenakan cukup ketat. Bank lebih senang jika kamu sudah pernah memiliki riwayat kredit yang lancar dengan mereka sebelumnya, misalnya menggunakan kartu kredit Bank tersebut dan terbukti tidak memiliki histori cicilan macet. Sedangkan perusahaan pinjaman cepat online, contohnya Kredivo, secara umum hanya memiliki empat syarat, yaitu merupakan Warga Negara Indonesia, berusia lebih dari 18 tahun, penghasilan bulanan lebih dari tiga juta rupiah, dan berdomisili di wilayah yang difasilitasi Kredivo. Besaran pinjaman yang dikucurkan akan disesuaikan dengan profil keuanganmu, namun limit dana tunai bisa mencapai 30 juta rupiah, loh!

  1. Proses Pengajuan Cepat

Resiko peminjaman di lembaga keuangan konvensional adalah belum tentunya pengajuan tersebut diterima dalam waktu cepat, karena jika ada salah satu persyaratan yang kurang, aplikasi kamu bisa ditolak dan informasinya baru kamu terima beberapa hari kemudian. Apabila diterima, pencairan bisa memakan waktu sekitar satu sampai beberapa minggu. Sedangkan di lembaga pinjaman cepat online, waktu pencairannya cenderung sangat cepat, umumnya kurang dari dua hari saja. Dalam pengajuannya, kamu juga tidak perlu meninggalkan kesibukan karena semua bisa dilakukan dalam beberapa klik.

  1. Tanpa Biaya Penalti untuk Pelunasan Dipercepat

Dapat rezeki lebih tiba-tiba dan ingin segera melunasi semua utang mu? Perlu diperhatikan nih, pihak Bank biasanya mengenakan penalti untuk pelunasan dipercepat. Jadi, tidak hanya melunasi sisa pokok utang dan bunga, tapi ada juga biaya penalti dan biaya administrasi yang akan dikenakan kepada kamu. Sedangkan pinjaman online terutama Kredivo membolehkan kamu untuk membayar tagihan lebih awal dan tidak akan ada sanksi apapun.

  1. Satu Akun untuk Banyak Manfaat

Kredivo sebagai Fintech bukan hanya sebagai pemberi pinjaman cepat online, namun juga merupakan solusi kredit instan yang memberikan kamu kemudahan untuk bertransaksi di lebih dari 200 merchant rekanan dan bayar nanti dalam 30 hari tanpa bunga atau dengan cicilan 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Bunga yang dikenakan juga sangat bersaing yaitu 2.95% per bulan. Jadi, sekali membuat akun di Kredivo, kamu memiliki banyak keuntungan yang akan meringankan masalah keuangan.

Sudah mantap untuk mengajukan pinjaman? Sebelum memutuskan ingin mengajukan pinjaman konvensional atau pinjaman online, sesuaikan dulu dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan kamu ya, agar tidak menyesal nantinya!