5 Inspirasi Hobi untuk Mengurangi Penat dari Rutinitas

Hobi baru yang berada di luar maupun di dalam ruangan dapat mengusir rasa bosan. Tapi, jangan lupa untuk tetap merawat diri, salah satunya menggunakan tabir surya baik untuk wajah atau badan.

Rasa bosan karena rutinitas tentu akan berpengaruh pada kinerja dan produktivitas Anda. Rasa bosan juga dapat memicu beberapa hal seperti menurunnya motivasi dan prokrastinasi sehingga Anda kurang produktif saat bekerja.

Mencoba Hobi Baru Mengusir Bosan

Ada banyak sekali hobi baru yang dapat Anda tekuni di tengah kesibukan Anda. Hobi bukanlah suatu tuntutan karena ini adalah kegiatan yang dapat mengalihkan rutinitas. Melalui hobi, Anda juga dapat mengalihkan perhatian dari stres.

Tidak jarang, yang pada mulanya hobi justru menghasilkan pendapatan tambahan. Bahkan, banyak sekali usaha-usaha rintisan dan sukses yang awalnya hanya berasal dari hobi. Berikut lima ide hobi yang dapat Anda mulai:

  • Baking atau Memasak Kue

Apabila memasak sudah menjadi rutinitas Anda, cobalah untuk memasak kue. Pada hobi ini, Anda tidak perlu membutuhkan peralatan rumit. Ada banyak kue dan kudapan yang tidak perlu menggunakan alat pencampur (mixer) atau oven.

Saat ini sudah banyak tutorial memasak kue yang menggunakan penanak nasi otomatis (rice cooker), mencampur dengan garpu, atau bahkan memanggang menggunakan wajan anti lengket.

  • Merawat Tanaman Succulent

Jika Anda hanya memiliki satu petak ruang kosong, lahan yang terbatas, bahkan tidak ada halaman, Anda tetap dapat menjalani hobi merawat tanaman. Succulent dapat menjadi pilihan karena tanaman ini tidak memerlukan ruang yang besar atau media tanah yang banyak.

Dalam merawat succulent Anda tetap memerlukan sinar matahari. Anda dapat mengeluarkan tanaman Anda secara berkala atau diletakkan petak taman.

  • Bersepeda

Salah satu hobi yang dapat Anda lakukan sendiri maupun bersama dengan orang lain adalah bersepeda. Aktivitas di luar ruangan ini menuntut Anda harus ekstra perhatian pada kulit, terutama wajah. Oleh karena itu, saat bersepeda jangan lupa selalu membawa tabir surya.

  • Fotografi Menggunakan Ponsel Pintar

Tidak perlu mempunyai kamera mahal untuk menyalurkan hobi fotografi. Anda dapat memulainya menggunakan ponsel pintar. Saat ini ponsel pintar bahkan telah menampilkan berbagai fitur fotografi layaknya profesional.

Bahkan, banyak pula fotografer profesional menggunakan ponsel pintar untuk hunting foto. Anda dapat memulai hobi ini dari rumah Anda sendiri. Selain itu, Anda juga dapat sekaligus belajar menyunting foto.

Ada banyak tutorial fotografi menggunakan ponsel pintar di internet. Bahkan terdapat kelas daring untuk belajar teknik fotografi menggunakan ponsel

  • Berlatih Bahasa Isyarat

Biasanya, bahasa yang dipelajari untuk hobi adalah Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, atau Bahasa Korea. Jika ingin belajar yang lain, Anda dapat mempelajari bahasa isyarat baik bahasa isyarat Bahasa Indonesia maupun internasional.

Anda dapat memulai belajar bahasa isyarat dari video atau gambar di Internet. Dengan belajar bahasa isyarat, Anda dapat berkomunikasi dengan lebih banyak orang dan lebih inklusif. Jika Anda sudah mempelajarinya, jangan lupa terus mempraktikan sehingga suatu saat nanti dapat digunakan sewaktu-waktu.

Hobi tidak harus dilakukan di luar rumah, tetapi bisa dilakukan mulai dari kamar Anda. Baik berada di luar atau di dalam ruangan, selalu gunakan tabir surya karena radiasi dari sinar matahari pun dapat masuk ke dalam rumah.

Berikut beberapa tabir surya dengan kualitas terbaik yang bisa Anda coba selama di rumah.

Kiehl's Ultra Light Daily UV Defense

Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense

Kiehl's Ultra Light Daily UV Defense Aqua Gel SPF 50 PA

Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Aqua Gel SPF 50 PA

Kiehl's Ultra Light Daily UV Defense CC Cream

Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense CC Cream