5 Ciri-Ciri Hotel Syariah yang Wajib Anda Ketahui

Lombok telah menjadi salah satu destinasi halal di dunia yang menjadi sorotan banyak pihak. Penetapan Lombok yang ditetapkan sebagai destinasi halal kelas dunia wajib diikuti oleh berbagai daerah lain. Pasalnya, Indonesia merupakan negara yang luas dan memiliki potensi alam terbaik yang tak kalah menawan dengan Lombok. Apalagi sebagian besar masyarakat Indonesia beragama Islam yang bisa mendukung pertumbuhan hotel syariah semakin pesat. Ciri-ciri hotel syariah di berbagai kota di Indonesia sangat mudah dijumpai, lho!

Ciri Utama Hotel Syariah di Indonesia

Buat Anda yang masih  bingung untuk membedakan hotel syariah dan konvensional, sebaiknya ketahui 5 ciri-ciri hotel syariah berikut ini.

  1. Memiliki aturan menginap yang ketat

Hukum Islam menjadi landasan utama hotel syariah dalam memberikan pelayanan penginapan pada para tamu. Kalau Anda hendak menginap bersama pasangan, wajib membawa buku nikah sebagai identitas resmi dari negara. Pasangan non muhrim dilarang menginap di hotel atau bertemu di kamar hotel, lho!

Jika lupa tidak membawa buku nikah, Anda bisa menunjukkan foto bukti pernikahan dengan pasangan sah. Pengunjung yang hendak menginap dengan pasangan namun tidak bisa menunjukkan bukti resmi, maka pihak hotel tidak akan memberikan izin untuk menginap.

  1. Karyawan menggunakan pakaian yang sesuai syariat Islam

Tak hanya memakai pakaian yang masuk kategori sopan saja, seluruh karyawan hotel wajib memakai pakaian yang sesuai syariat. Untuk kaum Hawa, aturan hotel mewajibkan karyawati untuk memakai jilbab, sedangkan kaum Adam selalu memakai peci setiap saat. Karyawan hotel dituntut selalu ramah dalam melayani para pengunjung yang menginap di hotel.

  1. Menyediakan makanan dan minuman halal

Ciri utama hotel syariah adalah menyediakan makanan dan minuman yang halal. Pengunjung tidak akan menemukan minuman alkohol atau penggunaan obat-obatan terlarang di lingkungan hotel. Bahkan makanan dan minuman halal yang disediakan wajib memiliki sertifikasi MUI.

  1. Menyediakan air untuk berwudhu

Tidak perlu khawatir jika berwudhu menggunakan air keran atau shower saat Anda memutuskan menginap di hotel dengan label syariah. Pihak hotel mengatur dan mengelola pelayanan hotel berdasarkan hukum Islam. Wudhu telah disediakan tempat yang lebih nyaman dengan ketersediaan air yang bersih.

Tak hanya ketersediaan air untuk berwudhu yang mendukung kenyamanan ibadah, pengunjung juga bisa menggunakan air untuk membersihkan diri selepas buang air kecil atau buang air besar. Pengunjung tidak perlu risau dengan penggunaan tisu saja selepas buang hajat, ya! Seperti yang diketahui bersama bahwa mayoritas masyarakat Indonesia lebih suka menggunakan air dibandingkan dengan tisu atau benda lain.

  1. Menyediakan Al-Qur’an, tempat ibadah dan area bersuci di setiap kamar

Ciri hotel syariah menyediakan Al-Qur’an, tempat ibadah dan area untuk bersuci di setiap kamar para pengunjung. Selain itu, ada speaker yang mengumandangkan adzan setiap waktu shalat. Bagi wanita yang lebih memilih melakukan ibadah di kamar bukan masjid hotel, tidak perlu khawatir dengan pengaturan arah kiblat. Ibadah yang sempurna selama melakukan perjalanan dinas atau traveling bersama keluarga tetap terwujud, bukan?

Dengan mengetahui ciri-ciri hotel syariah di atas, Anda bisa memilih untuk menginap di hotel yang mendukung kenyamanan tinggal sekaligus ibadah. Hotel syariah memiliki kelas penginapan yang sesuai dengan keinginan pengunjung. Kalau Anda memiliki dana yang cukup untuk sewa kamar di hotel syariah bintang 5, sah-sah saja. Yuk, booking kamar di hotel syariah untuk mendukung kenyamanan Anda selama berada di luar kota, ya!