5 Alasan Pentingnya Memilih Pinjaman Online Legal

Belum lama ini, masyarakat digemparkan dengan maraknya pemberitaan mengenai korban pinjaman online (pinjol) ilegal. Dalam hal ini, ketidaktahuan mengenai layanan keuangan digital menjadikan banyak orang akhirnya memilih produk fintech ilegal yang tidak terdaftar dan berizin. Belajar dari kasus tersebut, berikut beberapa alasan pentingnya memilih pinjol legal yang terdaftar dan berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

1.  Data pribadi peminjam dijamin kerahasiaan dan keamanannya

Pernahkah Anda mendengar berita mengenai kasus penyebaran data pribadi oleh sindikat pinjol ilegal? Bahkan, tercatat ada laporan soal foto korban wanita yang diedit menjadi gambar berbau pornografi, yang kemudian dipakai untuk mengancam korban agar segera membayar utangnya. Hal tersebut tentunya tidak akan terjadi jika Anda meminjam pada platform pinjaman online legal. Terkait hal tersebut, OJK telah mengatur kewajiban bagi para penyedia bantuan keuangan digital untuk menjaga kerahasiaan, keutuhan, dan ketersediaan data pribadi peminjam.

2. Perjanjian pinjaman tertulis yang jelas dan lengkap dalam dokumen elektronik

Dokumen elektronik umumnya berisi syarat dan ketentuan produk atau layanan yang akan diambil oleh peminjam. Penyedia layanan pinjaman digital juga harus menginformasikan dengan jelas mengenai jumlah pinjaman, suku bunga yang dikenakan, rincian biaya-biaya terkait, dan ketentuan mengenai denda.

Informasi-informasi tersebut sangat dibutuhkan peminjam, terutama untuk masalah besaran suku bunga pinjaman. Hal itu juga perlu diterapkan untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, seperti misalnya korban fintech ilegal sering kali dikagetkan dengan bunga yang besarannya berkali-kali lipat dari dana pokok. Tentu, hal tersebut tidak akan terjadi ketika Anda lebih memilih platform fintech legal.

3.  Informasi produk pinjaman disampaikan secara transparan, jelas, dan jujur

Banyak masyarakat yang tertipu janji manis sindikat pinjol ilegal. Mereka mengirim pesan SMS ke nomor secara acak dan menawarkan pinjaman modal dengan angka fantastis dan bunga rendah. Namun, mereka kemudian melakukan penagihan yang tidak manusiawi dengan bunga berkali-kali lipat dan jangka waktu yang tidak sesuai kesepakatan.

Pun, berbeda dengan fintech ilegal, layanan pinjaman online yang sudah terdaftar dan mendapat izin OJK selalu menyediakan bantuan pembiayaan memiliki website resmi yang dapat diakses kapan pun. Mereka juga menyediakan informasi mengenai produk keuangan mereka secara lengkap, transparan, dan jujur. Perjanjian dan ketentuan peminjaman pun tertulis dengan jelas.

4.  Pinjaman online legal diawasi oleh OJK yang memberi perlindungan kepada konsumen

Salah satu fungsi OJK adalah untuk melindungi para konsumen dalam melakukan kegiatan di sektor keuangan. Lima prinsip yang dipegang OJK dalam upaya perlindungan konsumen, khususnya pada transaksi keuangan secara digital, adalah transparansi, perlakuan yang adil, keandalan, kerahasiaan dan keamanan data masyarakat, serta penanganan pengaduan masyarakat secara cepat dengan biaya terjangkau.

5.  Proses pencairan dana berlangsung cepat dan aman, dengan bunga relatif rendah

Tidak seperti pinjaman konvensional yang membutuhkan waktu cukup lama, pinjaman online memiliki perbedaan dengan pinjaman konvensional dan kelebihan dalam pelayanannya yang umumnya lebih cepat. Bahkan, dalam kurun waktu 24 jam, pengajuan pinjaman sudah dapat disetujui. Selain itu, untuk mengetahui produk dan informasi penting lainnya, nasabah hanya perlu mengunjungi website resmi dari platform fintech tersebut. Biasanya, pengajuan pinjaman juga dapat dilakukan melalui aplikasi yang bisa diunduh di ponsel pintar secara gratis.

Dalam hal ini, salah satu aplikasi pinjaman online legal dan berizin dari OJK adalah Finmas. Hanya dengan melampirkan KTP dan slip gaji, Anda sudah bisa mengajukan pinjaman melalui aplikasi Finmas sampai dengan Rp5 juta dengan bunga mulai dari 0,27% dan lama pinjaman hingga 90 hari. Sangat cocok untuk Anda yang sedang membutuhkan dana dalam waktu dekat karena prosesnya cepat, mudah, dan aman.