4 Cara Cek Masa Subur Apabila Siklus Haid Tidak Teratur

Pada sebagian besar pasangan yang sudah menikah, banyak yang tidak ingin menunda-nunda lagi untuk bisa hamil. Berbagai cara dilakukan supaya bisa segera mendapatkan momongan, salah satunya dengan cek masa subur wanita sehingga peluang kehamilan lebih besar. Hanya saja, pada sebagian wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur sehingga cukup sulit untuk mengetahui masa suburnya.

Siklus menstruasi seperti apa yang dianggap tidak teratur?  Apabila siklus tersebut berlangsung selama kurang dari 21 hari atau malah lebih dari 36 hari. Siklus menstruasi yang Anda dapatkan berbeda-beda secara signifikan setiap bulannya.  Misalnya saja di bulan pertama siklus haid berlangsung selama 22 hari, lalu di bulan berikutnya menjadi 34 hari dan seterusnya. Mak siklus hadi Anda disebut tidak teratur.

Siklus menstruasi yang berbeda-beda atau bervariasi ini bisa menyebabkan potensi ketidaksuburan dibandingkan pada siklus haid yang teratur. Apabila Anda memiliki siklus haid yang lebih pendek atau lebih panjang dibandingkan siklus normal tetapi berlangsung dengan teratur, maka kemungkinan ketidaksuburan tersebut lebih kecil.

Cek Masa Subur Apabila Siklus Menstruasi Tidak Teratur

  1. Mencatat jadwal menstruasi

Jika siklus menstruasi Anda tidak teratur, maka salah satu hal yang perlu Anda lakukan agar mempermudah cek masa subur yaitu dengan mencatat jadwal menstruasi. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan sebuah grafik untuk melihat pola menstruasi Anda selama beberapa bulan terakhir. Adanya catatan jadwal ini juga bisa mempermudah Anda untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan tentang masalah yang sedang Anda alami.

  1. Periksa lendir serviks

Cara cek masa subur selanjutnya bisa Anda lakukan dengan periksa lendir serviks. Identifikasi yang bisa dilakukan yaitu dengan memeriksa lendir kering Anda di hari-hari awal haid. Kemudian saat mendekati masa subur, volume lendir serviks akan meningkat. Warnanya cenderung bening dan licin serta melar, menyerupai putih telur.

  1. Ukur suhu tubuh Anda

Ukur suhu tubuh Anda untuk mengetahui kenaikan suhu basal tubuh. Saat terjadi masa subur, suhu tubuh wanita akan meningkat secara signifikan. Itu artinya masa ovulasi sedang dimulai. Maka sangat penting untuk Anda selalu memantau suhu basal tubuh agar lebih mudah mengetahui masa subur.

  1. Memakai alat prediksi ovulasi

Masih kesulitan untuk menentukan masa subur Anda jika memiliki siklus haid tidak teratur? Salah satu cara mudah yang bisa Anda manfaatkan yaitu dengan menggunakan alat prediksi ovulasi. Alat ini sebenarnya sudah banyak berbedar di pasaran. Alat prediksi ovulasi mampu memprediksi dengan lebih detail kapan masa ovulasi Anda dimulai.

Alat tersebut memakai konsep mengukur LH atau Luteinizing Hormon yang terdapat dalam air seni pada 1-2 hari sebelum waktu ovulasi. Alat prediksi ovulasi ini bekerja dengan mendeteksi adanya lonjakan substansial dalam Luteinizing Hormon sehingga bisa diketahui jika masa ovulasi sudah mendekati. Alat ini juga bisa menjadi alat pemeriksaan lebih rinci oleh dokter kandungan saat Anda berkonsultasi.

Nah itu tadi 4 cara cek masa subur Anda apabila memiliki siklus haid yang tidak teratur. Anda bisa menghitung dan mengenali tanda-tanda masa subur sehingga peluang untuk hamil menjadi lebih besar. Selain hal diatas, Anda dan pasangan juga perlu mempersiapkan kondisi fisik dan mental supaya pembuahan bisa berhasil. Rajin olahraga, menjaga pola makan yang sehat serta tidak mudah stress bisa memperbesar peluang kehamilan Anda. Semoga berhasil!